IBL

Mike Conley sudah mengabdi kepada Memphis Grizzlies selama 12 tahun. Namun, NBA 2019-2020 akan menjadi musim yang berbeda untuknya. Sebab, Conley tidak lagi membela tim yang sama. Ia telah pindah ke Utah Jazz pada musim panas 2019 ini.

Setelah kepindahan itu, Conley tentu saja akan tetap kembali ke Memphis. Namun, dengan kondisi berbeda. Ia akan kembali ke sana sebagai lawan, bukan kawan, dan itu membuatnya merasa aneh. Bagaimanapun, Grizzlies adalah tim pertamanya. Ia belum pernah membela tim lain selain Grizzlies.

“Sampai saat itu tiba, sejujurnya saya tidak tahu seperti apa rasanya,” kata Conley per HoopsHype. “Saya bahkan tidak tahu di mana ruang ganti tim tamu. Saya tidak pernah ke sana. Perasaan saya akan campur aduk, saya yakin. Saya bukanlah orang yang senang menunjukkan emosi di lapangan—baik maupun buruk—tetapi itu mungkin akan menjadi momen tersulit dalam karier saya.”

Conley sendiri akan kembali ke Memphis untuk pertama kali pada Jumat, 15 November 2019. Ia akan menjadi tamu di tempat yang ia anggap rumah sendiri selama belasan tahun. Ia berusaha siap untuk menghadapi itu. Sebab, begitulah dunia profesional: Kawan hari ini bisa jadi lawan esok hari.

Sementara itu, Jazz—yang menjadi tim baru Conley—berharap banyak pada sang garda. Mereka ingin Conley menggunakan talentanya untuk mengantarkan tim ke level yang lebih tinggi. Jazz juga ingin Conley menunjukkan sisi kepemimpinannya untuk mengarahkan para pemain muda. Salah satunya Donovan Mitchell yang tengah berkembang sebagai bintang utama mereka.

Selama tiga musim terakhir, Jazz dan Mitchell sebenarnya mampu bertahan hidup dalam kerasnya persaingan Wilayah Barat. Mereka bahkan selalu berhasil menembus playoff. Namun, tidak pernah bisa melaju sampai ke Final Wilayah. Oleh karena itulah mereka merekrut Conley.

Itu artinya, Conley mesti bersiap dengan segala hal di masa mendatang. Usianya memang sudah tidak muda lagi. Hanya saja, pengalaman yang ia punya selama 12 tahun di NBA akan berguna untuk Jazz. Apalagi karier Conley juga belum tampak akan mati. Ia masih menyisakan banyak hal untuk dibuktikan. Ia akan mencoba membuktikan itu—salah satunya—saat pertandingan melawan Grizzlies. (put)

Foto: NBA

Komentar