IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat baru saja menggelar uji coba perdana mereka, Jumat malam, 9 Agustus 2019, waktu setempat. Mengambil tempat di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 15 pemain Tim Biru menghadapi 11 pemain Tim Putih.

Secara status, Tim Biru bisa dibilang adalah tim utama yang akan masuk ke skuat untuk Piala Dunia FIBA 2019. Sementara Tim Putih berisikan deretan pemain muda yang digungsikan sebagai tim latih tanding atau pemain cadangan jika pemain Tim Biru nantinya gagal mengikuti proses seleksi hingga akhir.

Unggul secara komposisi pemain, Tim Biru bisa dibilang tak memiliki kesulitan di pertandingan. Dipimpin oleh duet pemain Boston Celtics, Kemba Walker dan Jayosn Tatum, Tim Biru mengakhiri perlawanan Tim Putih dengan skor akhir 97-78. Tatum mencetak 17 poin sementara Walker menambahkan 14 poin.

Latih tanding ini ternyata benar-benar dijadikan landasan oleh timnas Amerika Serikat untuk mengevaluasi tim terbaik mereka. Setelah pertandingan, ESPN mengabarkan adanya perombakan untuk skuat Tim Biru. Dua pemain, Thaddeus Young dan Bam Adebayo dipastikan tidak lagi ikut dalam tim. Sebagai gantinya, Marvin Bagley dan Derrick White yang menghuni Tim Putih resmi promosi ke Tim Biru.

Bagley dan White memang sudah dikabarkan berhasil memikat tim pelatih Amerika Serikat sejak keduanya ikut pemusatan latihan. Namun tampaknya, Amerika Serikat butuh waktu lebih untuk memutuskan siapa yang mereka gantikan. Kedua pemain tersebut akan turut dalam tim yang berpindah tempat latihan ke Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Kedua pemain ini bukanlah dua pemain pertama yang mendapatkan promosi. Sebelumnya, De’Aaron Fox dan Joe Harris juga mendapatkan promosi serupa usai tampil mengesankan selama pemusatan latihan. Amerika Serikat akan menggelar satu laga uji cobba di California dengan menghadapi Spanyol 16 Agustus 2019.

Sehari setelahnya, tim yang dilatih Gregg Popovich ini akan mengumumkan skuat akhir 12 pemain yang akan dibawa ke Cina. Sebelum ke Cina, Amerika Serikat juga akan berkunjung ke Australia untuk menjalani empat laga uji coba melawan Australia dan Kanada. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar