IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat bisa dibilang menjadi tim yang paling “ditolak” pemainnya untuk Piala Dunia FIBA 2019 ini. Secara bergantian, bintang-bintang sepertti Anthony Davis, James Harden, Bradley Beal, C.J. McCollum, hingga Damian Lillard menarik diri dengan alasan masing-masing. Namun, cukup melimpahnya stok pemain bagus di Amerika Serikat membuat kekhawatiran tidak terlalu tinggi.

Bergeser ke Australia, kehilangan besar harus mereka terima seiring pengundruan diri Ben Simmons. Ditambah lagi, proses pengunduran Ben bisa dibilang cukup rumit. Ia sempat berujar siap turun di Piala Dunia FIBA 2019 sekitar dua bulan lalu. Sebulan setelahnya, ia mengganti ucapannya dengan mengatakan tidak akan turun di Piala Dunia dan hanya akan membela Australia di laga persahabatan.

Namun, laporan terbaru dari Fox Sports Australia, Ben kini dipastikan mundur penuh dan tak akan membela Australia selama 2019. “Setelah berbincang dengan coach Andrej, kami sepakat jalan yang terbaik adalah saya sama sekali tidak terlibat di seluruh kegiatan timnas Australia di 2019, baik Piala Dunia atau pertandingan persahabatan,”ujar Ben.

“Dengan fokus utama kami adalah meraih medali di Olimpiade 2020 Tokyo, saya lebih baik tidak mengganggu persiapan tim untuk Piala Dunia. Pengunduran diri saya bisa membuat tim lebih bagus dalam membuat koneksi permainan. Mereka butuh hal itu untuk bertarung di level tertinggi dan masuk kualifikasi Olimpiade,”imbuhnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada jajaran manajemen basket Australia atas segala dukungannya. Saya berkomitmen dan tidak sabar untuk berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo,”tutupnya.

Sebelum berangkat ke Cina, Australia akan menjalani uji coba di Australia. Pertama, mereka akan menghadapi Kanada di Perth pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2019. Lalu pada tanggal 22 dan 24 Agustus 2019, Australia akan menjamu Amerika Serikat di Melbourne. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar