IBL

Pelita Jaya Basketball Club telah mengumpulkan dua gelar juara IBL Go-Jek 3x3 Basketball Indonesia Tour. Pelita Jaya meraih itu setelah menang 10 poin (21-11) atas Satria Muda Pertamina Jakarta di Seri IV Bandung. Pertandingan final berlangsung di 23 Paskal Shopping Mall, Bandung, 28 Juli 2019.

Sebelum tampil di final, Pelita Jaya sebenarnya sempat tumbang di babak penyisihan. Mereka hanya menang sekali dari total empat pertandingan. Untungnya, Pelita Jaya masih mampu ke playoff karena bertengger di peringkat empat Grup B.

Pelita Jaya kemudian tampil di playoff dengan susah payah. Pertandingan berjalan ketat sampai final. Pelita Jaya sampai ke babak akhir karena mengalahkan Prawira Bandung (11-10) dan Satya Wacana Salatiga A (18-16).

Dengan hasil itu, Pelita Jaya mempertahankan posisi mereka di peringkat dua klasemen keseluruhan. Mereka telah mengumpulkan total 300 poin selama empat seri. Satria Muda, yang menjadi lawan mereka di final, ada di peringkat pertama dengan 360 poin.

Sementara itu, Jateng Gayeng keluar sebagai juara umum putra. Mereka juara setelah mengalahkan Palmanco 21-13. Di kategori umum putri, Combiphar Eye Mo mengalahkan Combiphar Insto dengan skor tipis 16-15. Titans A kemudian menjadi juara U-18 dengan menumbangkan God First. Mereka kebetulan menang dengan skor tipis juga (12-11).

Pertandingan-pertandingan di atas sekaligus menutup Seri IV Bandung. Setelah ini, Pelita Jaya dkk. akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Di Ibukota, tim-tim Elite itu akan bertarung sampai ke babak final pada 3—4 Agustus 2019. Tim Elite yang menjuarai IBL 3x3 akan mewakili Indonesia berlaga di FIBA 3x3 World Tour Masters di Jeddah. (put)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar