IBL

Greg Monroe akan punya karier berbeda pada 2019-2020 nanti. Ia tidak lagi bermain di NBA melainkan Eropa. Itu merupakan karier pertamanya di luar Amerika Serikat.

Monroe memutuskan merantau ke Jerman. Ia bergabung dengan Bayern Munich. Tim asal Eropa itu bahkan sudah mengonfirmasi kepindahannya. Namun, kontraknya sendiri belum jelas.

Sebelum ke sana, Monroe menghabiskan waktunya selama sembilan musim di NBA. Ia pertama kali muncul di liga tersohor sedunia itu pada 2010. Saat itu Detroit Pistons memilihnya di urutan ketujuh.

Monroe membela Pistons selama lima musim. Ia meniti kariernya sebagai pemain utama. Sampai Pistons kemudian tidak lagi tertarik kepadanya. Monroe pun pindah ke Milwaukee Bucks pada 2015 silam.

Monroe pada mulanya sering tampil sebagai pemain utama bersama Bucks. Namun, di musim keduanya, ia tidak pernah sekalipun muncul sebagai starter. Monroe selalu turun dari bangku cadangan. Namun, relatif sehat sehingga bisa tampil dalam 81 pertandingan.

Bucks kemudian tidak lagi tertarik menggunakan jasanya. Mereka menukarnya ke Phoenix Suns pada awal 2017-2018. Suns memainkannya dalam 20 pertandingan, lalu menukarnya lagi ke Boston Celtics di pertengahan musim.

Karier Monroe mulai tidak stabil sejak itu. Ia pindah dari satu tim ke tim lain. Sampai akhirnya mendarat di Toronto untuk bergabung dengan Raptors pada awal 2018-2019. Ia menandatangani kontrak satu tahun.

Monroe tidak bertahan lama bersama Raptors. Tim asal Toronto itu menukarnya bersama hak pilih putaran kedua pada 2021 untuk sejumlah uang. Nets kemudian melepasnya karena tidak berniat memainkannya.

Saat menjadi pemain bebas, Monroe pun meneken kerja sama kembali bersama Celtics. Namun, tidak dalam waktu yang lama, melainkan 10 hari saja.

Setelah habis kontrak, Monroe merapat ke Philadelphia 76ers. Ia menjadi pemain pelapis sampai akhir musim. Ketika Sixers tumbang di playoff, karier Monroe pun terhenti. Sebab, tim asal Philadelphia itu tidak memperpanjang kontraknya. Apalagi Sixers mendapatkan Al Horford di masa bebas.

Di musim panas ini, Monroe menguji dirinya di pasar pemain bebas. Namun, tim-tim tidak juga ada yang berhasil meminangnya. Monroe pun melanjutkan karier ke Eropa. Ia memutuskan meneken kontrak bersama Bayern Munich. Keputusannya akan mengantarkan Monroe kepada hal-hal baru. (put)

Foto: NBA

Komentar