IBL

Program penjualan sneaker kini telah bermacam bentuknya. Satu yang lazim, meski jarang dilakukan, adalah lelang. Proses ini memilih siapa yang berani menawar dengan harga tertinggi. Hal itu sudah lumarh dilakukan di Sotheby. Meski demikian, program lelang mereka kali ini menghadirkan sepatu-sepatu yang diburu para kolektor sneaker.

Balai pelelangan yang sudah beroperasi 275 tahun itu tidak sendirian. Mereka menggandeng gerai jual beli sepatu Stadium Goods untuk menyediakan sepatu-sepatu yang akan dilelang. Pihak kolaborator memang telah memegang status sebagai penyedia sneaker dengan pilihan beragam dan menjadi rujukan para penikmat sneaker di sana. Majalah Mainbasket sempat membuat ulasan singkat tentang Stadium Goods pada Februari 2018.

Nike "Moon Shoe" dibuat oleh Bill Bowerman pada 1972.

Konsep kerja sama semacam bukanlah yang pertama. Pada Juni 2016, Balai Lelang Los Angeles Heritage bekerja sama dengan StockX untuk menjual 25 sepatu dengan status serupa. Rekor tercipta di sana dengan Nike Air Mag yang terjual seharga AS$ 52.500. Angka tersebut bisa saja terpecahkan mengingat Sotheby juga menyertakan produk yang sama.

Satu hal yang layak disimak adalah Stadium Goods menyertakan salah satu arsip sepatu olahraga dari Nike. Sepatu itu bernama “Moon Shoe”. Dibuat oleh Bill Bowerman dengan tangan pada 1972. Salah satu pendiri perusahaan berbasis Oregon itu hanya membuat 11 pasang dan hanya beberapa pasang yang masih tersimpan hingga kini. Nike menyebut Moon Shoe sebagai sebagian dari produk orisinal yang mereka produksi di awal kehadiran mereka di bisnis yang ditekuni.

Nike Air Mag kembali dihadirkan dari dua edisi produksi: 2011 dan 2016. Sepatu hasil visualisasi dari film “Back to the Future ini memang dijual hanya pada acara khusus. Keluaran 2011 dibuka pada harga AS$ 18.000. Sedangkan edisi lebih baru dibuka di harga AS$ 70.000 mengingat produk yang ditawarkan memiliki sistem temali otomatis yang masih berfungsi dengan baik. Harga lebih mahal ini juga didukung dengan jumlah produksi yang hanya 89 pasang.

Nike Air Mag buatan 2016.

Buah karya Pharrell Williams turut serta di sini. Mewakili adidas, rapper juga desainer itu membuat edisi khusus NMD Hu TR hasil kolaborasi dengan desainer Coco Chanel. Siluetnya diperkenalkan dalam sebuah peragaan busana Chanel yang diadakan butik Collette yang kini telah berhenti beroperasi. Namun, Pharrell membuat edisi khusus lainnya. Ia mengganti tulisan “Chanel” di bagian atas sepatu untuk diganti dengan “Karl”. Benar saja, Sotheby menyertakan sepatu Pharrell Williams x adidas NMD Hu TR yang diproduksi khusus untuk mendiang Karl Lagerfeld. Ia adalah desainer papan atas dan sudah punya tempat khusus di industri fesyen Paris juga dunia.

“Misi kami adalah sebagai tempat berkumpulnya para kolektor. Mereka yang menyimpan hasrat besar terhadap kultur yang mereka sukai. Kategori sneaker memang hal baru bagi kami. Namun, konsep serupa sudah pernah kami lakukan. Aktivitas ini juga mampu merangkul lebih banyak audiensi dari berbagai kalangan,” tutur Noah Wunsch, koordinator promosi daring Sotheby, kepada Forbes. Stadium Goods dipilih, lanjut Wunsch, karena mereka mengagumi statusnya sebagai penyedia sneaker edisi-edisi langka di dunia.

Seluruh proses lelang sudah dimulai pada 11 Juli 2019 dan diakhiri pada 23 Juli 2019. Anda bisa memantau proses pelelangan melalui situs daring Sotheby.

 

Foto: Sotheby

Komentar