IBL

Karier Jabari Parker tidak pernah stabil sejak mengalami cedera lutut. Namun, beberapa tim selalu memberi kesempatan kepadanya. Atlanta Hawks, misalnya, bersedia menyodorkan kontrak pada musim panas 2019 ini.

Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, tim asal Georgia itu telah sepakat merekrut Parker. Mereka mengontraknya selama dua tahun sebesar AS$13 juta. Kontrak itu termasuk opsi pemain yang membuat Parker punya pilihan lanjut atau tidak di tahun kedua.

Hawks akan menjadi tim keempat Parker di NBA. Pada 2018-2019, ia sempat bermain bersama dua tim berbeda. Parker membela Chicago Bulls di setengah musim pertama, lalu Washington Wizards di setengah musim sisanya.

Perjalanan karier Parker di kampung halamannya di Chicago berjalan tidak semulus perkiraan. Perubahan posisi kepala pelatih dari Fred Hoiberg ke Jim Boylen membuatnya tersisihkan. Parker tidak mendapat menit bermain sehingga harus keluar dari rotasi permainan.

Bulls kemudian menukar Parker bersama Bobby Portis dan hak pilih putaran kedua (2023). Mereka menukarnya ke Washington pada 6 Februari 2019. Tim asal Chicago itu kemudian mendapatkan Otto Porter Jr. sebagai gantinya.

Parker pada akhirnya berlabuh di Ibukota Amerika Serikat. Ia membela Wizards dalam 25 pertandingan dengan mencetak rata-rata 15 poin, 7,2 rebound, dan 2,7 asis. Sayangnya, forwarda berusia 24 tahun itu gagal mengantarkan Wizards ke playoff. Mereka terdampar di urutan 11 Wilayah Timur. Itu merupakan kegagalan pertama mereka sejak 2017-2018.   

Sebelum membela kedua tim itu, Parker juga sempat membela Milwaukee Bucks. Ia bermain di sana selama empat musim. Namun, kariernya terganggu karena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Bucks pun merelakannya pergi pada jeda musim 2018 lalu.

Kini Parker harus menghadapi kehidupan baru di Atlanta. Ia akan bermain sekaligus bersaing dengan pemain muda Hawks lainnya. Sebab, Hawks juga sudah punya beberapa pemain dengan posisi yang sama. John Collins salah satunya.

Kendati begitu, kepergian Omari Spellman ke Golden State Warriors membuka kesempatan bagi Parker. Ia bisa menjadi pelapis Collins dengan bermain dari bangku cadangan. Hawks sendiri mendapatkan Damian Jones sebagai ganti Spellman yang kebetulan posisinya berbeda dengan Parker. Jones bermain sebagai senter. Maka, Parker perlu memaksimalkan kesempatan agar bisa bertahan di Atlanta. (put)

Foto: NBA

Komentar