IBL

Entah bagaimana nasib Jabari Parker jika ia tidak terkena cedera Anterior Cruciate Ligament sebanyak dua kali (2014&2017). Yang jelas, kini cedera itu mengubah caranya bermain dan membuatnya terlempar dari NBA. 

Terbaru, Senin, 7 Agustus 2023, Jabari akhirnya punya tempat berlabuh. Melalui rilis resmi tim, FC Barcelona mengumumkan bahwa mereka mengikat Jabari untuk satu musim ke depan. Ia akan melakoni tes medis secepatnya sebelum bergabung ke tim. 

Masuknya Jabari memang didasari kebutuhan Barcelona untuk pemain sayap. Pasalnya, mereka baru saja kehilangan salah satu pemain penting mereka yang juga sempat bermain di NBA, Nikola Mirotic. Empat hari sebelum pengumuman Jabari, Mirotic memastikan dirinya pindah ke Liga Italia bersama Olimpia Milano. 

Jabari adalah pilihan kedua NBA Draft 2014. Kala itu, ia disandingkan dengan Andrew Wiggins sebagai dua pemuda yang akan mendominasi NBA. Wiggins sendiri terpilih di urutan pertama. Sayangnya, takdir berkata lain untuk keduanya. 

Wiggins memang tak pernah mendominasi NBA, namun akhirnya ia bertahan dan menjadi bagian penting dari gelar juara Golden State Warriors pada 2022. Untuk Jabari, kariernya benar-benar terbentur cedera ACL yang membuatnya kehilangan setidaknya dua musim. 

Jabari sejatinya tetap produktif. Pemain asli Chicago ini memiliki rataan 14,1 poin dan 5,5 rebound per gim sepanjang kariernya. Namun, dengan faktor kesehatan yang ia punya dan fakta bahwa secara tembakan jarak jauh ia tidak spesial, sulit bagi Jabari untuk menemukan tempat di NBA. 

Terakhir kali Jabari bermain di NBA adalah musim 2021-2022 bersama Boston Celtics. Celtics sendiri adalah tim keenam Jabari. Setelah dipilih oleh Milwaukee Bucks di malam draft, alumnus Duke University ini sempat membela Chicago Bulls, Washington Wizards, Atlanta Hawks, dan Sacramento Kings. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar