IBL

Pasar pemain bebas NBA segera dibuka dalam waktu kurang dari 24 jam. Nasib karier Nikola Vucevic semakin dekat dengan penentuan. Kontraknya bersama Orlando Magic telah habis, ia akan menjadi pemain bebas pada musim panas ini.

Vucevic belakangan santer diberitakan di mana-mana. Ia dikaitkan dengan berbagai tim, seperti Sacramento Kings dan Boston Celtics, yang tertarik merekrutnya. Hanya saja, destinasinya terus menjadi misteri.

Kendati demikian, mendekati dibukanya pasar pemain bebas, Magic kini berada di garis depan dalam mendapatkan tanda tangannya. Shams Charania, The Athletic, mengabarkan bahwa mereka berusaha untuk mempertahankan senter asal Montenegro itu. Magic hendak menyodorkan kontrak empat tahun senilai AS$100 juta.

Vucevic selama tujuh tahun terakhir ini memang merupakan pemain andalan Magic. Tak ayal mereka berusaha untuk mempertahankannya. Apalagi Vucevic juga sedang bagus-bagusnya. Musim lalu ia masuk ke jajaran All-Star berkat penampilan impresifnya. Ia juga berhasil mengantarkan Magic ke playoff untuk pertama kali dalam kariernya. Sayang, mereka pada akhirnya harus tumbang di putaran pertama.

Pada 2018-2019 itu, Vucevic tampil dalam 80 pertandingan musim reguler. Ia cukup konsisten dengan hanya dua kali absen sepanjang musim. Vucevic pun mampu mencetak rata-rata 20,8 poin, 12 rebound, 3,8 asis, 1 steal, dan 1,1 blok. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 51,8 persen, dengan efektivitas 54,9 persen dan true shooting percentage 57,3 persen.

Di playoff, Vucevic mencetak rata-rata 11,2 poin, 8 rebound, dan 3 asis. Ia hanya tampil dalam lima pertandingan. Sebab, Toronto Raptors menumbangkan mereka dengan kedudukan 4-1.

Setelah kekalahan itu, nasib karier Vucevic mulai dipertanyakan. Apalagi kontraknya juga habis. Ia bisa saja pergi ke tempat lain untuk mendapatkan peluang bermain di tingkat yang lebih tinggi. Namun, Magic rupanya tetap membutuhkannya untuk mengantarkan tim ke arah yang lebih baik. Mereka berhasil ke playoff musim lalu, dan ingin kembali ke sana pada 2019-2020.

Misteri destinasi Vucevic pun akan terpecahkan dalam waktu dekat ini. (put)

Foto: NBA

Komentar