IBL

Nikola Mirotic akan menjadi pemain bebas pada musim panas ini. Namun, ia tidak akan melanjutkan kariernya di NBA. Forwarda Milwaukee Bucks itu memutuskan untuk kembali ke Eropa.

Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, Mirotic tidak melanjutkan karier di NBA karena merapat ke Barcelona. Ia akan tampil di EuroLeague dan ACB League (Spanyol).

Mirotic sendiri punya pengalaman bermain di sana. Ia membela Real Madrid selama enam tahun sebelum pergi ke Amerika Serikat pada 2014. Sebab, saat itu, Houston Rockets memilihnya di urutan ke-23. Namun, mereka segera menukarnya ke Bulls, sehingga Mirotic memulai karier NBA-nya di Chicago.

Pemain berdarah Spanyol-Montenegro itu tampil impresif di musim perdananya di NBA. Ia bahkan masuk nominasi ruki terbaik 2014-2015. Mirotic hanya kalah dari Andrew Wiggins (Minnesota Timberwolves) dalam perebutan gelar itu. Ia finis di urutan kedua dengan perolehan suara sebanyak 335.

Mirotic membela Bulls selama tiga setengah musim. Setelah itu ia pindah ke New Orleans Pelicans. Sebab, Bulls menukarnya ke sana pada 2018. Namun, Pelicans justru tidak menggunakan jasanya lama-lama. Mereka mengirimnya ke Bucks pada pertengahan musim 2018-2019.

Bersama Bucks, Mirotic berhasil menembus playoff. Ia tampil dalam 14 pertandingan pascamusim reguler. Sayangnya, Bucks tumbang di Final Wilayah Timur setelah kalah dari Toronto Raptors. Tim asal Kanada itu sendiri kemudian keluar sebagai juara NBA.

Bucks terpaksa mengakhiri musim lebih cepat. Mirotic pun begitu. Mereka berpisah di akhir musim. Mirotic menjadi pemain bebas terbatas. Sementara Bucks tidak menunjukkan ketertarikan untuk merekrutnya kembali.

Mirotic sebenarnya masih memiliki daya tarik. Ia masuk ke dalam daftar bidikan beberapa tim NBA  di pasar pemain bebas. Hanya saja, forwarda yang punya kemampuan menembak jarak jauh itu memilih jalannya sendiri. Ia memutuskan kembali ke Eropa untuk melanjutkan kariernya di dunia bola basket. Padahal, seandainya ia bertahan di NBA, ia bisa mendapat kontrak berkisar AS$40-50 juta.

Selama berkarier di NBA, Mirotic mencetak rata-rata 12,3 poin, 5,4 rebound, dan 1,4 asis. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 42,3 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 52,2 persen. True shooting percentage 56,5 persen.

Statistik itu menjadi bukti performanya di liga tersohor sedunia. (put)

Foto: NBA

Komentar