IBL

Pembukaan pasar pemain bebas tinggal menunggu hari dan tim-tim NBA tampak semakin serius menyiapkan rencana dan ruang gaji mereka. Perlu diketahui, semua pertukaran guna melonggarkan ruang gaji atau perubahan pemain saja harus mencapai kata sepakat sebelum pasar pemain bebas dibuka 1 Juli 2019, waktu Indonesia.

New York Knicks adalah salah satu tim dengan ruang gaji yang terbuka lebar dan ekspektasi tinggi. Bahkan bisa dibilang sejak tengah musim, tim ini selalu dikaitkan dengan deretan nama superstar yang menjadi pemain bebas Kyrie Irving dan Kevin Durant.

Guna memperlancar kedatangan para pemain bintang atau pemain baru lainnya, Knicks mencoba mengosongkan ruang gaji mereka dengan melepas beberapa pemain. Terbaru, salah satu pemain yang mereka lepas adalah garda mereka, Emmanuel Mudiay. Sebagai tim yang menaungi Mudiay musim 2018-2019, Knicks sebenarnya berhak untuk mengajukan opsi perpanjangan lebih dahulu. Namun, mereka tidak mengambil opsi itu dan Mudiay menjadi unrestricted free agent.

Mudiay masuk ke NBA sebagai pilihan ketujuh NBA Draft 2015. Tidak melalui level kampus, Mudiay masuk ke NBA setelah menghabiskan satu musim di liga Cina bersama Guangdong Southern Tigers. Digadang-gadang sebagai salah satu garda berbakat di liga, Mudiay hingga kini tak kunjung menemui ekspektasinya.

Mudiay belum sekalipun tampil lebih dari 68 gim di tiap musimnya. Ia terkendala beberapa cedera yang silih berganti. Musim ini, ia tercatat bermain sebanyak 59 kali karena cedera engkel. Dari sisi poin, catatan 14,8 poin per gimnya musim ini merupakan yang terbanyak sepanjang karirnya. Sementara untuk asis, 3,9 asis per gim musim ini masih kalah dari pencapaiannya di musim pertama yang menyentuh 5,5 asis per gim.

Akurasi tembakan bisa dibilang menjadi perkembangan terbaik yang bisa dilihat dari Mudiay. Musim ini, ia mencatatkan 44 persen FG%, 33 persen 3P%, dan 77 persen dari tembakan gratis, Secara efektifitas, ia memiliki 49 persen eFG%. Masih di bawah rata-rata NBA tapi sudah meningkat dari tahun ke tahun.

Hingga saat ini, belum ada tim yang dikaitkan dengan Mudiay. Namun, melihat perkembangan, gaya bermain, dan kondisi fisiknya, rasanya Mudiay masih bisa berfungsi sebagai garda utama yang berangkat dari bangki cadangan. Ia akan menjadi pelapis yang bagus bagi tim yang butuh bermain cepat dan fisikal. (DRMK)

Foto: Bleacher Report

 

Komentar