IBL

Toronto Raptors akhirnya memastikan diri sebagai juara NBA 2018-2019. Mereka mengalahkan Golden State Warriors dengan kedudukan 4-2 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Kamis 13 Juni 2019 waktu setempat. Marc Gasol, senter Raptors, pun resmi mencetak sejarah baru.

Marc berhasil menjadi juara NBA untuk pertama kalinya. Ia menyusul kakaknya, Pau Gasol, yang sudah lebih dulu meraih juara. Mereka lantas menjadi adik-kakak pertama dalam sejarah NBA yang memiliki gelar bergengsi tersebut. Pau meraih juara saat membela Los Angeles Lakers pada 2009 dan 2010.

Setelah Raptors memastikan diri sebagai juara, Pau segera memberi ucapan selamat kepada tim asal Toronto itu lewat Twitter. Ia juga tidak lupa memberi ucapan yang sama kepada adiknya. Sebab, itu merupakan momen besar bagi keluarga Gasol.

“Raptors adalah juara baru NBA,” cuit Pau lengkap dengan emotikon cincin juara dan tepuk tangan. “Selamat, Marc Gasol!”

Pau lebih dulu bermain di NBA dibanding Marc. Ia memulai kariernya bersama Memphis Grizzlies. Namun, Pau baru bisa menjuarai liga ketika membela Lakers. Setelah itu, ia hijrah ke beberapa klub,  di antaranya: Chicago Bulls, San Antonio Spurs, lalu sekarang Milwaukee Bucks.

Marc, di sisi lain, mengikuti jejak kakaknya. Ia terbang dari Spanyol ke Amerika Serikat untuk meniti karier sebagai pemain NBA. Marc bahkan memulai kariernya di sana bersama Grizzlies.

Marc bermain untuk Grizzlies selama 11 musim. Sayangnya, ia belum pernah meraih gelar juara bersama mereka. Kesempatan itu baru datang ketika Grizzlies mengirimnya ke Toronto dalam paket pertukaran di tengah musim 2018-2019.

Raptors kebetulan masuk final. Mereka menantang juara bertahan Warriors di seri itu. Marc membantu Raptors untuk menang 4-2. Ia mencetak 12 poin, 7,3 rebound, dan 2,6 asis selama final. Secara keseluruhan, ia mengumpulkan rata-rata 9,4 poin, 6,4 rebound, 3 asis, dan 1,1 blok dalam 24 pertandingan di playoff.

“Saya tidak pernah membayangkan hal ini,” ujar Gasol seperti dikutip TSN. “Ini merupakan hal tersulit yang pernah saya lakukan.”

Dengan gelar juara itu, Marc kini patut berbangga. Ia telah mengangkat nama keluarga Gasol ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka mengukir sejarah baru. (put)

Foto: Dok. Marc Gasol (@MarcGasol)

Komentar