IBL

Bagi Drake, pekan ini bisa jadi pekan terbaiknya. Tim yang ia dukung, Toronto Raptors, sukses merengkuh juara perdana dalam keikutsertaan NBA. Di sisi lain, lagu “God’s Plan” miliknya berhasil mencapai satu milyar penonton di YouTube sejak dipublikasikan pada 16 Februari 2018.

Angka tersebut secara resmi dicapai pada 11 Juni 2019. Drake sudah mencatatkan namanya untuk tiga buah lagu yang ditonton satu milyar penonton. Sebelumnya, lagu berjudul “Hotline Bling” miliknya sukses keras. Sementara “Work”, karyanya dengan Rihanna yang dilepas pada 23 Februari 2016, adalah kali pertama ia berada di daftar top ini.

Bagi penikmat musik hip-hop, “God’s Plan” bisa jadi rekomendasi lagu yang layak masuk daftar lagu pribadi. Namun, Drake punya cara lain untuk membuat videonya mengundang penonton dari kalangan umum. Di video tersebut, tertulis total biaya penggarapannya nyaris mencapai AS$1 juta. Jumlah besar itu banyak dialokasikan untuk berderma kepada penduduk Kota Miami.

Ada beberapa kegiatan berderma yang ia lakukan. Mulai dari membayar belanjaan masyarakat, memberi sejumlah uang, hadiah mobil baru untuk remaja, mengajak penduduk untuk berbelanja, menyumbang ratusan mainan untuk anak-anak, donasi pendidikan untuk Frost School’s of Music, dana bantuan untuk lembaga perlindungan wanita Kota Miami, juga uang dukungan untuk Lembaga Pemadam Kebakaran Kota.

Karir Drake di bidang musik memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia hadir sebagai musisi hip-hop yang sukses menyajikan lagu-lagu langganan tangga lagu juga masuk bermacam nominasi mentereng. Hal itu terbukti pada gelaran MTV Music Awards 2018. Video klip “God’s Plan” masuk lima nominasi termasuk Video Terbaik. Sementara ajang Grammy Awards ke 61 mendaftarkannya di kategori Records of the Year, Song of the Year, dan Best Rap Song. Drake sukses memenangkan nominasi yang ketiga.

Lagu ini terdaftar di dalam album pendek (EP) “Scary Hours”. Young Money Entertainment dan Cash Money Records mendaftarkannya untuk bisa dinikmati secara daring. Keputusan tersebut berbuah manis. Album ini didengar 14 juta kali lewat Apple Music dan 4,3 juta kali di Spotify di hari pertama. Lagu “God’s Plan” didengar 82,4 juta kali di semua aplikasi pada minggu pertama.

Lagu ini juga sukses di bermacam tangga lagu dunia. Hal itu dimulai dengan menjadi jawara Billboard Hot 100 sebulan setelah dirilis. Prestasi lain pun menyusul. Drake sukses menguasai 18 tangga lagu dunia dengan lima penghargaan musik.

Kini, Drake tengah menikmati masa-masa bahagia. Kombinasi prestasi di ranah musik dan perayaan Toronto Raptors menjuarai NBA. Kedua belah pihak memang sudah menjalin hubungan sejak 2013 dengan menghasilkan kontribusi besar bagi mereka.

Foto: Getty Images

Komentar