IBL

Jerry West, pemain legendaris NBA, telah menancapkan jati dirinya dengan kuat dalam dunia bola basket. Ia menjadi salah satu bagian penting perkembangan olahraga permainan itu di Amerika Serikat. Siluet West bahkan masih menjadi logo NBA hingga dewasa ini.

Belakangan, West dikabarkan akan menerima Presidential Medal of Freedom dari Amerika Serikat. Presiden Donald Trump mengumumkan itu melalui cuitannya di Twitter. Trump sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun kepada pemain kelahiran 28 Mei 1938 itu.

“Jerry West yang hebat akan menerima kehormatan sipil tertinggi bangsa kita, Presidential Medal of Freedom, untuk kariernya yang luar biasa, baik di dalam maupun di luar lapangan. Selamat ulang tahun, Jerry!” tulis Trump melalui cuitannya itu.

Jejak West dalam dunia bola basket sangatlah besar. Hal itu bahkan tumbuh dan membesar. Setelah pensiunnya, ia bahkan tidak berhenti dari bola basket. West dewasa ini tengah menjabat sebagai konsultan Los Angeles Clippers.

Karier West sebagai seorang eksekutif klub memang terkenal mentereng. Sehingga Clippers berani merekrutnya sebagai konsultan. Ia memiliki rekam jejak yang luar biasa ketika menangani klub NBA. West merengkuh delapan gelar juara ketika duduk di kursi manajemen. Salah duanya ketika bersama Golden State Warriors pada 2015 dan 2017.

Sebagai seorang pemain, West sama menterengnya. Prestasinya berderet sehingga ia didapuk menjadi salah satu pemain bergelar Hall of Fame. Salah satu prestasinya adalah mengantarkan Los Angeles Lakers menjadi juara pada 1972. Ia juga sempat meraih gelar pemain terbaik final pada 1969. Padahal saat itu Lakers kalah dari Boston Celtics.

Ketika bermain di tingkat mahasiswa, West juga sempat merengkuh gelar bersama West Virginia. Mereka menjadi juara NCAA pada 1959. Gelar-gelar itu dan kiprahnya membuat nama West besar. Trump tahu itu sehingga berniat memberikan medali kehormatan kepadanya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar