IBL

Milwaukee Bucks telah melewati salah satu musim terbaiknya di NBA. Mereka finis di puncak klasemen Wilayah Timur dengan rekor 60-22 pada 2018-2019. Namun, mereka gagal ke Final NBA karena tumbang di final wilayah oleh Toronto Raptors.

Dengan terhentinya perjalanan Bucks, belakangan manajemen mulai mengalihkan perhatiannya pada masa bebas. Mereka hendak merekrut kembali dua pemain utamanya: Khris Middleton dan Brook Lopez. Kedua pemain itu bahkan akan menjadi prioritas mereka.

Middleton tampil gemilang selama semusim ini. Ia terpilih sebagai pemain All-Star untuk pertama kali sepanjang kariernya. Middleton menyumbang rata-rata 18,3 poin, 6 rebound, 4,3 asis, dan 1 steal per pertandingan musim reguler.

Garda tembak andalan Bucks itu juga memiliki akurasi tembakan cukup tinggi pada 2018-2019. Ia memasukkan sekitar 44,1 persen tembakan secara keseluruhan. Tripoinnya mencapai 37,8 persen. Tembakan bebas 83,7 persen. Sementara itu, eFG% dan TS%-nya masing-masing 51,9 dan 55,8 persen.

Middleton musim ini bahkan berhasil meningkatkan kemampuannya dalam menembak. Ia mengurangi kebutuhannya akan operan dengan menciptakan ruang menembak sendiri. Jika sebelumnya ia membutuhkan sekitar 84,2 persen tembakan dari operan, musim ini angkanya turun menjadi 60,3 persen saja.

Lopez, di sisi lain, menjadi senter dengan transformasi paling signifikan di Milwaukee. Ia menarik kemampuan menembaknya sampai ke belakang busur, sehingga menjelma senter penembak tripoin. Kehadiran Lopez menjadi tambahan kekuatan tersendiri bagi Bucks yang berpusat pada Giannis Antetokounmpo.

Lopez mencetak 12,5 poin dengan persentase tembakan keseluruhan mencapai 45,2 persen per pertandingan. Rata-rata percobaan tripoinnya meningkat dari 4,4 ke 6,3 musim ini. Otomatis jumlah tripoin masuknya pun berubah dari 1,5 ke 2,3.

Selain itu, Lopez mampu tampil efektif. Ia memiliki eFG% mencapai 57,1 persen. Itu merupakan eFG% tertinggi selama kariernya di NBA. Transformasi senter andalan Bucks itu cukup bermanfaat dalam memecah fokus pertahan lawan.

Dengan melihat catatan itu, tidak heran Bucks berencana untuk mempertahankan keduanya. Middleton dan Lopez telah memberikan harapan kepada mereka. Apalagi dua pemain itu juga sangat suportif kepada Antetokounmpo. Bucks ingin mereka tetap di Milwaukee untuk membantu Antetokounmpo sekaligus mengejar gelar juara NBA. (GNP)

Foto: NBA

Komentar