IBL

Pabrikan Converse baru-baru ini merilis edisi seni hasil kolaborasi beberapa seniman. Salah satunya dalah Hanafi. Keduanya membuat seri terbatas dengan tema anjing bernama Bobo. Hewan peliharaan tersebut menemani tuannya, Irma Lengkong Mikkonen, berkeliling Prancis, Belgia, dan Belanda pada 2018 yang tercatat dalam sebuah buku berjudul “Bobo: The Travelling Hound”.

Tidak semerta-merta Hanafi dating untuk berkarya dengan Converse. Seniman lulusan Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) Yogyakarta ini juga berperan dibalik ilustrasi buku tersebut. Sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi mengingat ia sudah mendapat belasan penghargaan di bidangnya. Ia juga sudah berkolaborasi sepanjang 30 tahun berkarir sebagai seorang seniman seni rupa.

Sementara itu, merilis sepatu bertema seni sudah dilakukan Converse sejak lama. Kali ini, mereka hadir dengan program bernama Converse Incubate. Pabrikan asal Massachusetts tersebut telah menyeleksi sebagian seniman dunia demi membuat karya khusus dengan tema yang sudah ditentukan. Untuk Indonesia, Converse menganggap buku tentang Bobo layak untuk dikenang dalam bentuk sepatu. Itulah mengapa Hanafi selaku illustrator ditunjuk untuk menuangkan karyanya. Nama Hanafi bersanding dengan seniman dunia yang ditunjuk Converse Incubate seperti Tyler, The Creator, Kyle Ng (Brain Dead), Miley Cyrus, Dr. Woo, dan Yuko Shimizu (Hello Kitty, dibawah naungan Sanrio).

Converse menggunakan siluet Chuck Taylor 1970’s sebagai kanvas. Hanafi pun melukis sekujur bagian atasnya dengan ilustrasi Bobo. Sepatu ini kemudian dilengkapi dengan kotak kayu khusus. Hanya ada satu buah sepatu yang dirilis berukuran US 44 (28 cm). Pihak Afterhours Books selaku penerbit membanderolnya dengan harga Rp 15.000.000. Pembelian secara daring akan dikenakan biaya pengiriman paket seberat 3,5 kg.

Buku “Bobo: The Travelling Hound” ditulis antar Juni hingga Desember 2019. Hanafi turut serta dalam perjalanan ke tiga negara tersebut agar mempermudahnya berimajinasi dalam membuat karya tentang Bobo. “Saya meminjam mata Bobo untuk membuat ilustrasi pada buku ini,” tutur Hanafi kepada The Jakarta Post.

Selain tentang Bobo, buku itu juga menceritakan hubungan erat antara manusia dan hewan peliharaan selama berabad-abad. Selama perjalanan yang dilalui, Irma menyadari bahwa Anjing bisa membuka rasa kemanusiaan pada manusia.

Bagi para penikmat buku, “Bobo: The Travelling Hound” bisa jadi buruan selanjutnya. Sedangkan sepatu Converse x Hanafi bisa jadi buruan untuk melengkapi sepatu bertema seni hasil karya Hanafi. Sayangnya, harga yang dipatok membuat tidak semua orang bisa meraihnya.

Foto: Afterhours Books

Komentar