IBL

Surabaya Fever kembali dominan di turnamen yang mereka ikuti. Kali ini, Fever berhasil menjuarai Asian Women's Basketball Invitation (AWBI) di Thailand yang digelar 27 April hingga 1 Mei 2019. Fever tak terkalahkan sejak babak penyisihan hingga final.

Turnamen AWBI kali ini diikuti enam tim, yaitu Surabaya Fever dari Indonesia, Shoot It Dragon Jr. dan Shoot It Dragon dari Thailand, Discovery Perlas Filipina, Adroit Singapura, Lung Prabang dari Laos. Sistem pertandingan memakai setengah kompetisi.

Di babak penyisihan, Fever mengalahkan Lung Prabang dengan skor telak 117-34, kemudian di laga kedua, mereka menang 98-74 atas Shoot It Dragon Jr.. Berlanjut ke babak semifinal, Fever mengalahkan wakil Filipina, Discovery Perlas dengan skor 79-64.

Di laga final, Fever kembali bertemu dengan Shoot It Dragon. Kedua tim sudah bertemu di final dua turnamen sebelumnya, yaitu di Surabaya dan di Filipina. Final di Thailand berlangsung sengit, Fever bisa menang, 97-94, lewat babak tambahan waktu.

Di sisa 12 detik terakhir kuarter keempat, Dragon masih memimpin 84-82 atas Fever. Upaya Clarita melakukan tembakan gagal, namun ada Henny Sutjiono yang bisa mendapatkan offensive rebound. Henny mendapatkan dua kali tembakan bebas setelah pemain Shoot It melakukan pelanggaran. Laga pun dilanjutkan ke babak overtime. Di masa tambahan waktu, Debby mencetak poin kemenangan Fever. Nathasa Debby Christaline dan Lea Kahol sama-sama membukukan 28 poin di laga final ini.

Ini menjadi kemenangan ketiga Fever dari tiga turnamen yang diikuti. Sejak mereka keluar dari Piala Srikandi, Fever sudah mengikuti tiga turnamen dengan peserta klub-klub dari Asia Tenggara. Dari tiga turnamen tersebut, Fever baru kalah satu kali saja, di Filipina. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan dan facebook Shoot It Mag

Komentar