IBL

Gim ketiga antara Utah Jazz dan Houston Rockets dalam putaran pertama playoff digelar Sabtu malam, 20 April 2019, waktu setempat. Mendapat giliran menjadi tuan rumah di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Jazz tampil jauh lebih apik dari dua gim sebelumnya. Hal tersebut terbukti dengan skor di tiga kuarter pertama yang selalu menempatkan Jazz di atas Rockets. Sayangnya, Rockets justru tampil membaik di kuarter akhir dan berbalik memenangi gim dengan skor 104-101.

Hasil ini membuat Rockets unggul (3-0) dalam sistem tujuh laga yang berarti mereka hanya butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke semifinal wilayah dengan sapu bersih. Di Wilayah Barat sendiri, hanya Rockets yang memiliki peluang untuk sapu bersih ini. Sementara secara keseluruhan, ada Milwaukee Bucks dan Boston Celtics yang memiliki peluang serupa.  

James Harden memang masih memimpin Rockets di gim ini, bahkan mencatatkan dobel-dobel. Bermain selama 39 menit, James mengemas 22 poin, 4 rebound, 10 asis, dan 6 steal. Namun, ia hanya mampu memasukkan 3/20 tembakannya yang setara hanya 15 persen. James bahkan gagal memasukkan 15 percobaan tembakan awalnya secara beruntun. Jumlah gagal beruntun tersebut adalah yang terbanyak dalam sejarah NBA Playoff. Di sisi lain, 14 dari keseluruhan poinnya datang dari 16 kali percobaan tembakan gratis (87 persen).

Selama Harden mengalami masa sulit, Chris Paul muncul sebagai penggantinya. Chris menutup gim dengan 18 poin, 4 rebound, 4 asis, dan 3 steal dengan akurasi mencapai 47 persen. Clint Capela masih setia mencatatkan dobel-dobel, kali ini dengan 11 poin dan 14 rebound.

Pendukung tiga poros utama permaian Rockets adalah P.J. Tucker. Bermian 35 menit, Tucker juga mencetak dobel-dobel, 12 poin dan 10 rebound. Satu offensive rebound terakhirnya sangat krusial terjadi saat gim tersisa 10,1 detik dan Rockets unggul dua poin. Eric Gordon juga membukukan 12 poin dan 5 rebound sementara Austin Rivers melengkapi daftar dengan 11 poin.

Jazz melakukan perubahan dengan memainkan Jae Crowder sebagai pemain utama di gim ini menggantikan Derrick Favors. Hal ini dilakukan demi memperluas jarak serangan dan mengantisipasi banyaknya tukar jaga (switch) saat bertahan. Sayangnya, hal ini masih tidak membawa kemenangan untuk Jazz.

Donovan Mitchell menjadi top skor di gim ini dengan 34 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Favors menyusul dengan 13 poin dan 4 rebound. Rudy Gobert 10 poin dan 8 rebound sementara Ricky Rubio juga mencatatkan jumlah poin yang sama plus 4 rebound dan 6 asis.

Gim keempat masih akan digelar di tempat yang sama, Selasa pagi, waktu Indonesia. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar