IBL

Drama pertukaran Anthony Davis pada Januari 2019 lalu menyebabkan Los Angeles Lakers kalang kabut. Selain LeBron James, pemain tim asal Los Angeles itu terancam ditukar ke tim lain. Lonzo Ball, garda utama Lakers, salah satunya. Putra sulung LaVar Ball itu bahkan sempat memberikan daftar tim yang menarik perhatiannya jika benar akan ditukar.

Ball memasukkan nama Chicago Bulls dalam daftar itu. Ia rupanya tertarik bermain bersama bekas tim Michael Jordan. Joe Cowley, Chicago Sun Times, melaporkan bahwa Lakers juga telah berbicara dengan Bulls untuk membahas pertukaran itu.

Bulls dewasa ini memang mencari garda utama yang cocok untuk mereka. Tim asal Chicago itu memiliki penembak tripoin seperti Zach LaVine, Lauri Markkanen, dan Otto Porter. Wakil Presiden John Paxson mengatakan, mereka membutuhkan garda utama yang bisa memfasilitasi ketiganya.

Sementara ini, Bulls punya Kris Dunn di posisi garda utama. Paxson menilai pemainnya itu punya kemampuan bertahan yang baik. Namun, Bulls membutuhkan garda utama yang lebih baik. Oleh sebab itu, mereka bisa saja merekrut pemain lain untuk mengisi posisi yang sama lewat draft atau pertukaran musim panas.

Kendati demikian, sejauh ini Paxson masih berharap pada Dunn. Bulls belum mau menyerah dengan garda utama mereka. Apalagi Dunn masih di bawah kontrak.

“Dia punya kesempatan musim panas ini untuk meningkatkan permainannya, kembali dengan pola pikir sebagai garda sejati, membuat kami bermain dengan cepat,” ujar Paxson tentang Dunn seperti dikutip Chicago Sun Times.

Lagipula, Bulls masih punya banyak waktu untuk mengambil langkah selanjutnya. Mereka punya kesempatan merekrut garda utama sekelas Ja Morant lewat NBA Draft 2019. Undian draft pada 14 Mei mendatang akan menjadi titik yang mengarahkan mereka pada keputusan lain.

Perbincangan Bulls dengan Lakers juga menjadi penting. Sebab, seandainya mereka tidak mendapat jatah draft di urutan dua atau tiga, tim asal Chicago itu punya kemungkinan merekrut Ball. Sejauh ini, Bulls melihat Ball sebagai garda utama yang cocok untuk mereka. (GNP)

Foto: NBA

Komentar