IBL

Los Angeles Lakers belakangan ini lebih sering panen drama daripada prestasi. Salah satunya adalah drama pemecatan Kepala Pelatih Luke Walton karena tidak berhasil membawa tim lolos ke playoff. Mereka finis di peringkat 10 dengan rekor mengecewakan 37-45. Padahal mereka diharapkan bisa menembus playoff dengan kedatangan LeBron James pada musim panas lalu.

Belakangan rumor pencarian pelatih baru Lakers muncul. Manajer Rob Pelinka mencari kandidat terbaik untuk melatih timnya. Nama Tyronn Lue dan Monty Williams menjadi dua calon favorit pengisi kekosongan itu. Lue terakhir kali melatih Cleveland Cavaliers sementara Williams adalah asisten pelatih Philadelphia 76ers.

Lue menghabiskan waktu empat tahun bersama Cavaliers dan LeBron James. Awalnya ia berstatus asisten pelatih, tetapi kemudian diangkat menjadi kepala pelatih sampai merengkuh gelar juara 2016. Lue dipecat pada 2018 karena gagal membawa gelar juara.

Lue juga sempat membela Lakers ketika masih aktif sebagai pemain. Ia bermain di sana selama tiga tahun (1998-2001). Selama itu, Lue merengkuh gelar juara bersama Lakers dua kali beruntun (2000-2001).

Sementara itu, Williams kini sedang bertugas sebagai asisten Sixers. Ia bekerja di bawah Kepala Pelatih Brett Brown sejak 2018. Sebelumnya, Williams sempat mengambil alih posisi kepala pelatih sementara Oklahoma City Thunder pada 2015-2016. Ia juga pernah menjadi kepala pelatih New Orleans Hornets/Pelicans selama lima tahun (2010-2015).

Di sisi lain, Walton kini menjadi pengangguran. Ia sebenarnya menyisakan kontrak dua tahun. Namun, Lakers benar-benar tidak sabar. Mereka merasa cukup dengan kepemimpinan Walton.

Meski demikian, Walton berterima kasih kepada Lakers karena telah memberikan kesempatan melatih tim dengan sejarah besar seperti itu.

“Saya ingin berterima kasih kepada Jeanie Buss dan keluarga Buss karena memberikan kesempatan untuk melatih Lakers,” kata Walton seperti dikutip ESPN. “Tim dan kota ini akan selalu spesial untuk saya dan keluarga saya.”

Dengan kepergian Walton, pintu posisi kepala pelatih Lakers terbuka. Sementara ini, Lue dan Williams menjadi dua favorit. Namun, Pelinka masih terus mencari yang terbaik. (GNP)

Foto: NBA

Komentar