IBL

Dallas Mavericks akan kehilangan bintang besarnya musim depan. Dirk Nowitzki, forwarda, telah memutuskan pensiun di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Selasa 9 April 2019 waktu setempat. Pemilik klub Mark Cuban lantas menjanjikan pekerjaan unik dan patung besar untuknya.

Shams Charania, The Athletic, menjadi orang pertama yang melaporkan tentang itu. Nowitzki memang pensiun, tetapi ia akan berada di tim dengan pekerjaan unik. Pihak Mavericks sendiri belum mengatakan dengan jelas pekerjaan itu.

Nowitzki bisa menjadi apa pun di Mavericks dengan pekerjaan unik itu. Namun, melihat kemungkinannya, ia boleh jadi menjadi penasihat tim. Apalagi mereka punya dua pemain muda top Eropa seperti Luka Doncic dan Kristaps Porzingis.

Bagaimanapun, keberadaan Nowitzki sebagai penasihat akan berguna untuk para pemain Mavericks, terutama Doncic dan Porzinigs. Nowitzki sudah berada di NBA sejak 1997. Selama 21 tahun, ia memiliki karier yang gemilang dengan berbagai prestasi. Ia menyabet gelar juara NBA 2011 sekaligus menjadi pemain terbaik final di tahun itu.

Sebagai pemain Eropa, Nowitzki membuka keran para pemain Eropa lainnya untuk berani bermain di NBA. Doncic dan Porzingis pun terbang ke Negeri Paman Sam sedikit-banyak terinspirasi Nowitzki. Pemain Jerman itu jelas telah membuktikan pemain Eropa dapat bersaing di NBA.

Ketika pensiun hari ini, Nowitzki bahkan bisa mendulang 30 poin melawan Phoenix Suns. Mavericks menang 120-109. Nowitzki mencetak rekor baru. Ia menggeser Joe Johnson di peringkat 11 dalam daftar pencetak tripoin terbanyak sepanjang sejarah NBA. Nowitzki mencetak 1980 tripoin.

Musim ini, Nowitzki juga sempat mencetak rekor fantastis. Ia melewati Wilt Chamberlain sebagai pencetak angka terbanyak keenam di NBA. Nowitzki sudah mengumpulkan 31.540 poin sampai pertandingan terakhirnya di American Airlines Arena.

Mavericks akan melakoni pertandingan terakhir di NBA 2018-2019 melawan San Antonio Spurs besok. Nowitzki belum tentu tampil. Namun, jika ia tampil dan mencetak angka, rekor-rekor di atas bisa bertambah. (GNP)

Foto: NBA

Komentar