IBL

Shaun Livingston malang melintang selama 14 musim di NBA. Ia sempat bermain dengan delapan tim berbeda sebelum akhirnya berlabuh di Golden State Warriors. Ia bergabung dengan tim itu sejak 2014 dan sudah merengkuh tiga gelar juara dalam empat musim terakhir. NBA 2018-2019 kemungkinan akan menjadi musim terakhirnya.

Livingston berencana pensiun di akhir musim nanti. Hal itu terjadi karena ia merasa tubuhnya sudah tidak prima lagi. Jika ia tidak bisa mengatasi itu, ia ingin pensiun saja.

“Sekarang jadi lebih sulit. Seperti tahun ini, saya kesulitan dengan cedera lebih dari tahun-tahun sebelumnya di Warriors,” kata Livingston seperti dikutip The Athletic.

Livingston sebelum ini juga pernah mengalami cedera parah pada 2007. Ia bahkan terancam kehilangan kakinya. Sebab, ia mengalami cedera patah kaki yang juga merobek tiga ligamen. Livingston membutuhkan waktu sampai setahun hanya untuk memulihkan itu. Ia juga hanya tampil sebanyak 48 kali dalam kurun waktu dua tahun.  

Belakangan ini, Livingston mengatakan, cedera kaki itu membayanginya lagi. Ia harus rutin melakukan rehabilitasi jika tidak ingin cedera. Itu membuatnya kesulitan tampil selama semusim penuh. Untungnya, Livingston tidak keberatan melakukan itu.

“Dan itu tidak apa-apa, karena itu bagian dari pekerjaan yang harus dilakukan. Namun, secara emosional, di titik karier saya sekarang ini, rasanya sulit,” kata Livingston lagi.

Kendati berpikir untuk pensiun, Livingston belum benar-benar memutuskan itu. Ia masih harus bermain di sisa musim. Apalagi Warriors berhasil menembus playoff lagi. Mereka bahkan punya kans besar untuk mempertahankan gelar juara.

Livingston juga masih punya sisa kontrak setahun lagi bersama Warriors. Ia baru akan menjadi pemain bebas pada 2020 nanti. Oleh karena itu, ia tidak akan memutuskan apa pun sampai akhir musim nanti. (GNP)

Foto: NBA

Komentar