IBL

Marcus Smart, garda Boston Celtics, meraih penghargaan Red Auerbach. Ia mendapatkan penghargaan itu di Boston, Massachusett, Amerika Serikat, Senin 1 Maret 2019 waktu setempat. Celtics memberikan penghargaan Red Auerbach kepada pemainnya yang menunjukkan semangat Celtics.

Smart mendapatkan penghargaan itu setelah berjuang selama semusim ini dengan keras. Ia mencetak rata-rata 8,8 poin, 3 rebound, 4,1 asis dengan persentase tembakan mencapai 42 persen.

Pemain kelahiran Flower Mound, Texas, 6 Maret 1994 itu terkenal sebagai pemain dengan semangat bertahan yang baik. Permainannya secara ofensif juga meningkat sejak mendapat promosi ke barisan utama. Belum lagi ia berpengaruh besar bagi Celtics di masa-masa sulit, baik di dalam dan di luar lapangan.

Smart bahkan punya acara amal skala lokal di Boston. Sebagai sosok terkenal, ia punya pengaruh di lingkungannya. Oleh sebab itu, para anggota kehormatan Celtics menjatuhkan pilihannya kepada Smart untuk menerima penghargaan Red Auerbach.   

Penghargaan Red Auerbach sendiri dinamai sesuai legenda Celtics dengan nama yang sama. Auerbach bekerja dengan klub pada 1950. Ia setia pada organisasi sampai meninggal pada 2006.

Selama itu, Auerbach sempat menjabat sebagai manajer umum, presiden, dan wakil ketua klub. Ia mempersembahkan 16 gelar juara untuk Celtics sebagai pelatih dan eksekutif. Ia juga pernah meraih gelar pelatih dan eksekutif terbaik NBA.

Kyrie Irving (2018), Al Horford (2017), dan Isaiah Thomas (2016) pernah menjadi penerima penghargaan Red Auerbach. Penghargaan itu mulai diberikan kepada pemain dan pelatih Celtics sejak 2006. Kini, Smart menjadi peraih penghargaan terbaru.

Selanjutnya, siapa yang akan mendapatkannya? (GNP)

Foto: NBA

Komentar