IBL

Para pemain Stapac Jakarta tengah menikmati masa libur setelah berhasil merengkuh juara IBL Indonesia sejak 2014. Momen ini dimanfaatkan untuk berlibur maupun berkumpul dengan keluarga serta sahabat. Berbeda dengan Abraham Damar Grahita. Ia mengisi masa liburnya dengan berkunjung ke Surabaya untuk menyaksikan laga Asean Basketball League antara BTN CLS Knights Indonesia lawan Saigon Heat.

Bukan tanpa alasan peraih gelar Sixth Man of the Year ini rela jauh-jauh datang dari Jakarta ke Kota Pahlawan. Ia ingin menyaksikan langsung kompetisi basket level Asia Tenggara. Di samping itu, Brandon Jawato dkk sukses memasuki babak Playoff Asean Basketball League musim ini. Tentu tensi pertandingan berjalan lebih sengit dan panas.

Abraham Damar berpose dengan penggemar di sela pertandingan BTN CLS Knights Indonesia (30/3).

Alasan kehadirannya diungkapkan ketika Abraham jadi pembicara di Mainbasket Talks bertempat di DBL Store Tunjungan Plaza 5. “Saya ingin menyaksikan kompetisi berbeda yang diikuti tim basket profesional di Indonesia. BTN CLS Knights Indonesia satu-satunya perwakilan di sana. Jadi, saya ingin nonton langsung sekaligus bertemu teman-teman saya di Surabaya,” katanya.

Atmosfer riuh ramai penonton pun jadi daya tarik tersendiri. Abraham mendaku beberapa kali menikmati pertandingan BTN CLS Knights Indonesia lewat fitur streaming. Ia menikmati animo Knights Society saat menonton pertandingan. Beruntungnya, kemarin, sekitar 85% tempat duduk terisi penonton. “Belum pernah merasakan menonton maupun bertanding dengan animo penonton seheboh ini!” pungkasnya.

Tahun ini adalah tahunnya Abraham. Suatu hal yang seharusnya jadi perhatian para penggemarnya. Pemuda asal Bangka Belitung itu sudah mencetak prestasi mentereng. Ia adalah pemain cadangan terbaik IBL musim 2018-2019, berhasil mengantarkan timnya menjuarai Liga, sampul Majalah Mainbasket edisi Februari 2019, dan pebasket Indonesia pertama yang punya sepatu khusus (signature shoes). Topik tersebut yang jadi tajuk utama dalam Mainbasket Talks yang dihadiri Abraham sebelum bertolak ke GOR Kertajaya.

DBL Store membuka gerai barunya bersama On Market Go+ di Tunjungan Plaza 5.

Tidak hanya berbincang dengan Rosyidan selaku Editor Kepala Mainbasket, Abraham juga berkesempatan berjumpa langsung dengan para penggemarnya. Mereka tak segan mengajukan pertanyaan, berfoto, dan meminta tanda tangan di sepatu DBL Ardiles. Ia juga memamerkan sepatu yang ia pakai di laga final karya seniman Matheus Denny yang dikenal sebagai FindYourHeat.

Mainbasket Talks adalah platform interaktif terbaru dari Mainbasket. Para penggemar basket bisa datang dan berbincang langsung dengan sosok yang akan jadi bintang tamu. DBL Store Tunjungan Plaza 5 diproyeksikan jadi tempat penyelenggaraan. Saluran daring dari perbincangan ini di antaranya adalah akun resmi instagram dan YouTube. Kami masih mengembangkannya lebih jauh agar bisa dibagikan dalam bentuk podcast.

Munculnya Abraham ke GOR Kertajaya Surabaya menghembuskan dugaan mengenai kepindahannya ke tim Kota Surabaya itu. Warganet Twitter mengungkapkan dukungan serta penolakan terhadap gosip ini. Abraham menampik kabar burung tersebut. Namun, ia punya keinginan untuk bertanding di kompetisi ABL suatu saat nanti. “Saya adalah atlet kompetitif. Saya merasa tertantang untuk bermain di kompetisi basket yang sengit. Itu akan memacu saya untuk berlatih lebih keras lagi. Bila ada kesempatan, ini bisa jadi kesempatan berharga,” ujar Abraham.

Meski begitu, kehadirannya di bangku penonton tidak serta-merta jadi dasar kesimpulan ia bertanding di ABL dalam waktu dekat. Abraham masih terikat kontrak dengan Stapac Jakarta. Tentu saja mereka tidak akan dengan mudah melepas pemain andalannya untuk hijrah.

Pebasket 24 tahun akan menjalani operasi pergelangan kaki. Pascates kesehatan, ia didiagnosa memiliki tulang tumbuh di tempat yang tidak semestinya. Ia terpaksa bermain dengan cedera di kakinya sepanjang musim ini. Meski begitu, ia tetap tampil hebat dan tekun berlatih hingga jadi salah satu pemain kunci di squad Stapac Jakarta. Sepatu DBL Ardiles AD1 pun terbukti memberi dukungan performa baginya hingga bisa merengkuh prestasi menawan. (ajb)

Foto: Yoga Prakasita, Dika Kawengian, Rizal Akhmad S.

Komentar