IBL

IBL 2018-2019 memang telah selesai. Namun, para pemain tidak begitu saja berhenti berkegiatan. Wendha Wijaya, garda utama NSH Jakarta, justru meluangkan waktunya untuk mengembangkan potensi basket di tempat tinggalnya di Sukabumi. Wendha akan mengadakan kamp latihan bersama sejumlah pemain profesional di Lapangan Basket Setukpa Polri, Sukabumi, Minggu, 31 Maret 2019.

Wendha mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya merupakan agenda rutin. Ia dan rekan-rekannya kebetulan memiliki sekolah basket bernama Sukabumi Basketball Academy. Mereka sering mengadakan itu. Bedanya, tahun ini mereka mengajak lebih banyak pemain profesional untuk berpartisipasi.

Pemain-pemain ini, selain Wendha, di antaranya: Andre Rorimpandey, Hengki Infandi, Randy Mantiri, Brando Octavianus, Arisanda Satya, Najjabuddin Anwar, dan garda asing Dashaun Wiggins plus Govinda Julian dari Pelita Jaya Basketball Club.

Dengan adanya pemain-pemain tersebut, Wendha berharap peserta akan semakin banyak. Sebab, para pemain akan berbagi ilmu dan pengalaman yang penting untuk menumbuhkan minat anak, terutama bagi mereka yang ingin terjun ke profesional.

Wendha bahkan tidak membatasi peserta dari Sukabumi. Ia membuka pendaftaran untuk khalayak luas.

“Semoga dari sini nantinya akan lahir pebasket lokal yang hebat layaknya Merio Ferdiansyah dan Youbel Sondakh yang juga jebolan dari kota ini,” ujar Wendha dalam siaran persnya.

Sejauh ini, menurut Wendha, sudah ada lebih dari 100 peserta yang mendaftar. Animo itu menjadi besar berkat kehadiran pemain-pemain NSH. Bagaimanapun, pencapaian NSH di IBL 2018-2019 membuat mereka naik daun.

Setidaknya di Sukabumi.

Sementara itu, Wiggins, pemain asing NSH yang tengah memulihkan diri dari cedera bahu di Indonesia, tidak sabar untuk menyambut kamp latihan itu. Ia senang bisa bergabung dengan Wendha untuk mengembangkan potensi basket di Sukabumi.  

“Saya senang berbagi ilmu, khususnya kepada para pebasket muda, supaya mereka tahu bagaimana bermain basket yang benar,” kata Wiggins. “Terlebih ini merupakan akademi yang dimiliki oleh Wendha Wijaya, pemain senior NSH Jakarta, yang juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik di lapangan maupun di luar lapangan.”

Kamp latihan akan segera mulai lusa. Sebelum itu, Wendha mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, terutama staf pelatih akademi dan sponsor seperti PEAK Indonesia. Ia juga berterima kasih kepada NSH karena mengizinkan pemainnya untuk berbagi. Ia tidak memungkiri kehadiran para pemain NSH telah membantu menarik banyak perhatian.

Setelah banyak menerima, kini saatnya para pemain profesional ini ikut memberi. Sebab, mereka tahu tangan di atas lebih dari tangan di bawah. Demi basket Indonesia, mereka mesti turun untuk membantu perkembangannya sampai ke daerah. Apalagi mereka tengah memiliki waktu luang seperti di jeda antarmusim ini. (GNP)

Foto: Dok. Sukabumi Basketball Academy dan Hariyanto

Komentar