IBL

BTN CLS Knights Indonesia akan meladeni tim asal Vietnam, Saigon Heat, di babak playoff putaran pertama ABL 2018-2019. Pertandingan berjalan dengan format tiga terbaik. Sebagai tim peringkat empat, CLS mendapat keuntungan dua kali laga kandang. Laga pertama akan berlangsung di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu 30 Maret 2019.

Pertemuan kedua tim nanti menjadi pertarungan guru versus murid. Sebab, Kepala Pelatih Brian Rowsom (CLS) pernah melatih Kepala Pelatih Kyle Julius (Heat) semasa jadi pemain. Mereka sempat membela Carolina Thunder di American Basketball Association Profesional League.

CLS dan Heat sejauh ini sama kuat di musim reguler (2-2). Julius dan Heat sukses menumbangkan CLS di dua pertemuan pertama. CLS baru membalasnya di dua pertemuan terakhir. Saat itu mereka sudah mengganti dua pemain asing, Montay Brandon dan Stephen Hurt, dengan Darryl Watkins dan Douglas Herring Jr..

“Kami pernah kalah dramatis di pertemuan awal dan juga menang secara dramatis di pertemuan terakhir kemarin,” kata Rowsom seperti dikutip siaran resmi CLS. “Saya pikir tidak hanya pemain asing mereka yang cukup bagus, tetapi Kyle Julius juga merupakan pelatih yang sangat cerdas.”

Oleh karena itu, Rowsom berusaha untuk mempersiapkan timnya dengan baik melawan tim asuhan Julius. Ia bahkan mengingatkan pemainnya untuk mewaspadai tembakan perimeter dan jarak jauh lawan. Apalagi Heat memiliki pemain sekelas Trevon Hughes dan Kyle Barone yang piawai melepas tembakan tripoin. CLS harus meminimalisasi peran keduanya tanpa banyak melakukan kesalahan.

“Kami sudah menunjukkan permainan yang matang sebagai tim pada pertandingan terakhir kemarin (melawan Hong Kong Eastern). Selanjutnya kami bermain di playoff dan tidak boleh lengah dan banyak membuat kesalahan,” kata Rowsom lagi.

Selain itu, Rowsom juga ingin pemainnya lebih pintar nanti. Mereka perlu menjaga konsistensi permainan. CLS juga tidak bisa bergantung pada satu atau dua pemain. Rowsom ingin melihat semua pemainnya bermain cepat dan solid.

Pertandingan akan berlangsung tiga hari lagi. Itu artinya, CLS hanya punya waktu 2-3 hari untuk berlatih. Rowsom akan memanfaatkan itu untuk membuat anak-anak asuhnya benar-benar siap. (GNP)

Hasil Pertemuan Musim Reguler

BTN CLS Knights Indonesia 80-82 Saigon Heat

BTN CLS Knights Indonesia 64-76 Saigon Heat

BTN CLS Knights Indonesia 81-79 Saigon Heat

BTN CLS Knights Indonesia 91-90 Saigon Heat

Foto: Yoga Prakasita

Komentar