IBL

Garda Utah Jazz Ricky Rubio mengingatkan timnas Spanyol tidak lengah di babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2019. Sebab, di Grup C, Spanyol menjadi unggulan. Lawannya adalah Iran, Poerto Rico dan Tunisia. Spanyol tidak boleh melakukan kesalahan bila mereka ingin mengambil gelar juara dunia tahun ini.

Spanyol berada di Grup C untuk babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2019. Mereka menjadi tim dengan peringkat FIBA tertinggi di grup tersebut. Spanyol saat ini ada di peringkat dua dunia, lalu Poerto Rico di peringkat 16, Iran ada di peringat 27, dan Tunisia ada di peringkat 51. Di atas kertas, Spanyol jelas jadi unggulan untuk lolos ke babak berikutnya. Namun Ricky Rubio ternyata punya pendapat lain. Ia menyatakan bahwa tidak semuda itu bisa lolos ke babak berikutnya.

"Kalau melihat lawan-lawan Spanyol di babak penyisihan, tentu tampak mudah. Tetapi harus ingat, di kejuaraan ini semua akan tampil dengan kekuatan penuh. Satu kekalahan saja bisa menggagalkan semua rencana. Jadi kami tidak boleh kehilangan konsentrasi," ucap Rubio, seperti yang diceritakan kepada fiba.basketball. "Tapi kami saat ini punya kepercayaan diri yang tinggi."

Kekhawatiran Rubio bukan tanpa alasan. Ia sendiri pernah mengalami sulitnya bangkit setelah membuat kesalahan di turnamen internasional. Rubio menjadi bagian dari timnas Spanyol saat menjuarai EuroBasket 2009. Saat itu, Spanyol sempat kalah dua kali di babak penyisihan. Kemudian mereka bangkit dan memenangkan lima laga beruntun, termasuk mengalahkan Serbia, 85-63, di partai final.

Rubio juga bersama tim Spanyol ketika terpuruk di Piala Dunia 2010. Spanyol hanya bisa mendapatkan peringkat keenam setelah kalah, 81-86, dari Argentina. Kemudian di Piala Dunia 2014, Spanyol tunduk dari Perancis di babak perempat final. Oleh sebab itu, Rubio ingin tahun ini bisa memperbaiki prestasi.

Melihat peluang Spanyol di Piala Dunia FIBA 2019, mereka akan bisa melewati babak penyisihan. Setelah itu, potensi lawan Spanyol di babak kedua adalah Serbia dan Italia.

"Masih terlalu dini untuk membicarakan babak kedua," kata pemain Utah Jazz tersebut. "Kuncinya fokus saja pada pertandingan. Jangan berpikir hal-hal di luar pertandingan."

Spanyol lolos ke babak utama setelah menang 10 kali dari 12 laga di Kualifikasi FIBA Eropa. Quino Colom dan Sebastian Saiz menjadi dua pemain yang tampil di 12 laga tersebut. Sisanya, beberapa pemain bergantian mengisi roster Spanyol. Ricky Rubio tidak pernah tampil di kualifikasi, namun namanya kemungkinan besar akan mengisi roster Spanyol di Piala Dunia FIBA 2019. Termasuk Marc dan Pau Gasol, serta Juancho Hernangomez (Denver Nuggets). (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar