IBL

Berbicara tentang penampilan para ruki di NBA musim ini, dua nama muncul paling depan, Trae Young dan Luka Doncic. Keduanya menunjukkan penampilan dan gaya permainan yang sama sekali bukan tipikal pemain tahun pertama. Nama yang terakhir bahkan sempat masuk dalam perdebatan untuk bermain di NBA All Star.

Terbaru, Doncic sedang dalam proses menyamai rekor fantastis NBA lainnya. Dari 63 gim yang sudah ia lalui, pemain asal Slovenia ini memiliki rataan 20,9 poin, 7,4 rebound, 5,6 asis dan True Shooting Percentage (TS%) menyentuh 55 persen. Sepanjang sejarah NBA, hanya ada enam ruki yang pernah memiliki rataan setidaknya 20 poin dengan TS% 55 persen. Lima di antaranya sudah berlabel Hall of Fame sementara satu sisanya hampir bisa dipastikan akan menyusul.

Lima pemain Hall of Fame tersebut adalah Michael Jordan, Hakeem Olajuwon, David Robinson, Alonzo Mourning, dan Shaquille O’Neal. Sementara satu nama tersisa adalah legenda San Antonio Spurs yang baru pensiun tiga tahun lalu, Tim Duncan.

Seperti yang sudah pernah dibahas, statistik lanjutan TS% menunjukkan betapa efektifnya seorang pemain dalam memanfaatkan tembakan mereka. Di statistik ini, semua tembakan terhitung. Dua poin, tripoin, dan tembakan gratis. Oleh karena itu, memiliki TS% yang tinggi berarti sang pemain bermain secara efektif terutama dalam menembak.

Untuk pemain berposisi senter atau paint protector, angka TS% mereka sangat wajib tinggi. Sebab, mereka lebih banyak beroperasi di bawah ring yang memperbesar peluang mereka mencetak angka. Oleh karena itu, masuknya nama Jordan dan sangat mungkin masuknya nama Doncic adalah sebuah pencapaian hebat karena mereka bukanlah pemain yang “hanya” beroperasi di area kunci.

Selain Doncic, sebenarnya ada satu ruki lain yang berpotensi masuk ke jajaran ini. Bisa terlihat di gambar, ada nama Ayton yang merujuk pada ruki Phoenix Suns, Deandre Ayton.  Dari jumlah gim yang sama dengan Doncic, Ayton mampu memiliki rataan 16,3 poin, 10,3 rebound, 1,9 asis, dengan TS% menyentuh angka 60 persen. Ayton harus mencetak minimal 21 poin dalam tiap gim sisa Suns untuk menyentuh rataan 20 poin per gim.(DRMK)

Foto: NBA, Twitter, @kirkgoldsberry

Komentar