IBL

Los Angeles Clippers berhasil menumbangkan Boston Celtics. Mereka menang dengan skor 140-115 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin 11 Maret 2019 waktu setempat. Saat itu, ada dua rekor tercipta.

Lou Williams, garda cadangan Clippers, berhasil menjadi pencetak angka dari bangku cadangan terbanyak sepanjang sejarah NBA. Ia menggeser Dell Curry, ayah Stephen Curry (Golden State Warriors), yang mengumpulkan 11.147 poin selama kariernya.

Sebelum ini, Williams hanya berjarak 28 poin dengan Curry. Ia berkesempatan melampaui pencapaian Curry ketika melawan Celtics hari ini. Namun, mencetak poin sebanyak itu bukanlah hal mudah, terutama karena Celtics memiliki salah satu pemain bertahan terbaik: Marcus Smart. Maka, ketika Williams ternyata bisa melakukan itu, pencapaiannya semakin luar biasa. Williams bahkan bisa mencetak 34 poin hari ini.

Itu artinya, Williams sudah mengumpulkan 11.153 poin dari bangku cadangan. Perolehan itu masih bisa bertambah mengingat ia masih akan bermain di sisa musim. Mungkin juga musim selanjutnya. Secara keseluruhan, Williams mengumpulkan 13.071 poin selama kariernya sebagai cadangan maupun starter.

Sebagai cadangan, Williams memang terkenal sebagai pencetak angka yang beringas. Ia bahkan sempat merengkuh dua kali gelar pemain cadangan terbaik di NBA. Ia meraihnya pada 2015 dan 2018. Musim ini, dengan segala pencapaiannya, ia juga bersaing dengan pemain cadangan lainnya untuk memperebutkan gelar yang sama.

Kendati begitu, pemain cadangan lain akan kesulitan mengejar rekor Williams itu. Dewasa ini, tidak ada pemain aktif yang paling dekat dengan Williams, kecuali Jamal Crawford. Namun, pemain yang tengah membela Phoenix Suns itu sudah tua (38). Ia tidak seproduktif dulu. Williams akan memimpin rekor itu dalam waktu yang lama.

Selain berhasil memecah rekor poin dari bangku cadangan, Williams juga membuat Clippers bisa mencetak cetak rekor baru. Tim asal Los Angeles itu mengalahkan Celtics dengan perolehan poin tertinggi musim ini (140). Itu sekaligus menjadi kemenangan kelima secara beruntun belakangan ini.

Clippers bahkan bisa menggeser San Antonio Spurs berkat pertandingan hari ini. Mereka naik ke peringkat enam Wilayah Barat dengan rekor 39-29. Jika terus begitu, mereka bisa memperbaiki posisi mereka di wilayah tersebut dan lolos ke playoff. (GNP)

Foto: NBA

Komentar