IBL

Lou Williams, garda yang kini bermain untuk Los Angeles Clippers, tidak berhenti mengesankan publik dengan prestasinya. Setelah merengkuh gelar Sixth Man of the Year 2018—yang merupakan gelar Sixth Man of the Year keduanya—pemain berusia 32 tahun itu kini telah mencetak 10.000 poin selama karirnya di NBA.

Ia melakukan itu sebagai pemain cadangan usai mencetak 17 poin di pertandingan melawan Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat pada Selasa, 30 Oktober 2018 waktu setempat.

Dengan rekor tersebut, Williams pun bergabung dengan Jamal Crawford (kini bermain untuk Phoenix Suns) dan Dell Curry (pensiun).

Selain ketiga orang itu, tidak atau belum ada lagi pemain cadangan yang melakukan hal serupa. Oleh karena itu, rekor Williams ini pun menjadi sangat istimewa. Tidak banyak yang bisa melakukannya dari bangku cadangan.

Williams memang terkenal sebagai pemain elit dari bangku cadangan. Sejak tampil pertama kali di NBA, ia melekat dengan peran itu. Musim lalu, ketika merengkuh gelar Sixth Man of the Year keduanya, ia tampil sebanyak 79 kali dengan hanya 19 kali menjadi starter. Namun begitu, ia bisa bermain rata-rata selama 32,8 menit dengan menyumbang 22,6 poin, 5,3 asis, 2,5 rebound, dan 1,1 steal per pertandingan.   

Selain memiliki catatan di atas, Williams juga pernah mencetak setidaknya 30, 40, dan 50 poin dalam satu pertandingan. Dengan rekor-rekor itu, kemampuannya dalam menyerang jadi sulit dipungkiri.

Sebagai pemain cadangan, ia pun telah membuat peran itu semakin mewah. Padahal, di sisi lain, pemain lain berbondong-bondong untuk masuk ke barisan utama. Williams justru semakin menancapkan perannya di sana sampai ia menjadi pemain elit.   

Foto: NBA

Komentar