IBL

NSH Jakarta berhasil memaksa Satria Muda Pertamina Jakarta ke pertandingan semifinal ketiga. NSH menundukkan Satria Muda 81-73 di GMSB Kuningan, Jakarta, Sabtu 9 Maret 2019. Dengan kemenangan itu, NSH dan Satria Muda imbang 1-1.

Dashaun Wiggins mencetak 27 poin dan 11 rebound untuk NSH. Anthony Simpson menambahkan 13 poin dan 9 rebound. Barisan lokal tidak ada yang mencetak dobel digit poin. Namun, Andre Rorimpandey bisa mencetak sembilan poin.

Sementara itu, Satria Muda bertumpu pada Dior Lowhorn. Senter asing itu mencetak 33 poin dan 19 rebound. Arki Wisnu, forwarda, di belakangnya dengan 11 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Namun, itu tidak juga menyelamatkan mereka dari kekalahan.

Menurut Kepala Pelatih Youbel Sondakh, itu merupakan pertandingan yang berat. Apalagi mereka tampil tanpa Jamarr Johnson yang mengalami cedera achilles. NSH berhasil memanfaatkan absennya Jamarr sejak awal pertandingan. Mereka bisa unggul 29-16 di kuarter satu. Wiggins, pemain asing NSH itu, berjasa mengantarkan NSH untuk unggul. Ia mencetak 12 poin ketika pertandingan baru berjalan 10 menit.

Di kuarter dua, NSH tidak seproduktif sebelumnya. Mereka hanya menghasilkan 13 poin. Satria Muda malah lebih banyak (18 poin). Namun, NSH tetap unggul 42-34 sampai istirahat.

Setelah istirahat, Satria Muda terus menekan. Mereka bisa memangkas ketinggalan delapan poin menjadi lima (38-43). NSH, di sisi lain, rupanya tidak juga menyerah. Mereka selalu bisa menjaga jarak untuk tetap unggul. NSH bahkan bisa melebarkan margin hingga 14 poin (62-48).

Di kuarter empat, Satria Muda sebenarnya bisa unggul perolehan poin 25-19 Namun, itu tidak cukup untuk memenangkan pertandingan. NSH berhasil menutup pertandingan dengan total skor 81-73. Itu membuat mereka harus melakoni pertandingan penentuan besok. Sayangnya, NSH kemungkinan harus kehilangan Wiggins karena cedera. Ia menabrak pembatas sehingga bahunya harus dibelat.

Kendati begitu, Kepala Pelatih Wahyu Jati tidak merasa khawatir. NSH akan bertanding dengan pemain yang ada. Mereka mesti maju apa pun kondisinya. Lagipula Satria Muda juga tampil tanpa Jamarr.

Pertandingan semifinal ketiga akan berlangsung di tempat yang sama. NSH dan Satria Muda hanya punya satu kesempatan lagi untuk ke final. Sementara itu, Stapac Jakarta sudah lebih dulu ke sana setelah mengalahkan Pacific Caesar Surabaya. Mereka menunggu NSH atau Satria Muda sebagai lawan. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar