IBL

Cerita sepatu Patrick Ewing terus berlanjut. Kali ini, mereka bekerja sama dengan produsen acar (pickle) kalengan bernama Grillo. Terlepas dari akarnya sebagai sepatu basket, Ewing Athletics kini merambah dunia kasual dan streetwear lewat kolaborasi-kolaborasi lintas bidang.

Dalam proyek terbaru ini, Ewing Athletics menggunakan siluet Sport Lite sebagai basis. Sepatu latihan lintas medan (cross training) itu disulap dengan warna hijau terinpirasi dari warna khas acar. Bagian atas sepatu memadukan bahan suede dan kulit. Sol sepatu menerapkan sol bening dengan logo “Sam the Pickle Man” muncul di dalam. Koleksi ini dilengkapi dengan kotak edisi khusus menampilkan identitas dua perusahaan tertera sebagai dekorasi.

Grillo’s Pickle merupakan perusahaan acar dan asinan buatan Travis Grillo. Pada 2007, ia pernah melamar ke Nike sebagai desainer namun ditolak. Alhasil, ia beralih sebagai pebisnis acar. Pengalamannya sebagai desainer berhasil membuat tampilan bungkus acar yang ia jual menjadi tampak menarik. Karakter Sam the Pickle jadi logo yang ikonik.

Meski begitu, Travis tidak setengah-setengah dalam membuat produknya. “Acar yang saya jual merupakan resep keluarga yang berusia 100 tahun yang terinspirasi dari acar Italia. Kolaborasi ini saya jadikan pengingat perjuangan saya membangun perusahaan ini,” tuturnya kepada PR Newswire, salah satu media bisnis dari Boston.

Hasrat desain membuncah dalam dirinya. Oleh karena itu, Grillo’s Pickle juga menjual pernaik-pernik pendukung. Produk sampingan tersebut dibuat demi mendukung gaya hidup pelanggan setia. Setelah 12 tahun, akhirnya pernak-pernik berupa sepatu bisa dirilis. Walau masih dalam proyek kolaborasi, Travis mendaku bangga bisa menelurkan sepatu dengan membawa nama Grillo.

Sementara bagi Ewing Athletics, kolaborasi semacam ini jadi penyegar dari edisi-edisi yang lazim mereka buat setiap musim. “Kami selalu mencari kolaborator potensial yang bergerak di luar bidang utama kami. Kami dan Grillo sama-sama tumbuh di Boston, kami paham bagaimana perjuangan mereka membangun industri acar yang kompetitif,” tutur David Goldberg, Presiden Ewing Athletics.

Ewing Athletics Sport Lite x Grillo’s Pickle sudah dilepas publik sejak 4 Maret 2019 waktu Amerika Serikat. Harga AS$140 dirasa pantas untuk hasil kolaborasi ini. Warna hijau khas Boston Celtics terpancar dari sepatu ini sehingga kesan sepatu basket masih kental meski tidak menyebutkan kata-kata basket dalam materi promosinya.

Sepatu ini bisa dianggap sebagai sepatu bertema acar pertama di dunia. Sebelumnya, John Mayer pernah membuat edisi terbatas Nike Air Max 90 "Pickle Rick" terinspirasi dari film kartun "Rick & Morty". Sayangnya, pria yang akan menyelenggarakan konser di Indonesia itu tidak ingin sepatunya dijual secara bebas. Hanya kalangan keluarga dan kerabat Sang penyanyi yang bisa membelinya. Hal itu tidak bisa dianggap sebagai produk komersil, berbeda dengan proyek Ewing Athletics dan Travis Grillo.

Foto: Ewing Athletics

Komentar