IBL

Cleveland Cavaliers akhirnya memutuskan untuk memainkan point guard Isaiah Thomas esok hari, Rabu 3 Januari 2018. Mereka mengumumkan hal tersebut melalui akun Twitter dini hari tadi. Menurutnya, Thomas akan bermain bersama Cavaliers saat tim asal Ohio itu menjamu Portland Trail Blazers di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Thomas harus menepi lantaran mengalami cedera panggul. Ia mengalami cedera itu pada laga final Wilayah Timur musim lalu. Cedera tersebut membuatnya harus menepi cukup lama. Hampir setengah musim ini.

Setelah melalui rehabilitasi berbulan-bulan, Thomas pun akhirnya menyudahi penantiannya. Ia akan bermain bersama tim barunya untuk pertama kali sejak ditukar dari Boston Celtcis. Tim lamanya itu menukarnya dengan Kyrie Irving.

“Ini merupakan proses yang panjang bagi saya,” ujar Thomas, seperti dikutip Associated Press, Selasa 2 Januari 2018. “Cedera ini merupakan proses yang membikin frustasi dan sulit, tapi di saat yang sama Anda harus mempercayainya. Saya melawannya setiap hari untuk mencoba menjadi lebih baik dan sekarang saatnya telah tiba. Saya sudah tidak bermain sejak lama, jadi (pertandingan) besok akan terasa aneh, tapi saya senang. Saya senang saatnya telah tiba.”

Kepala Pelatih Tyronn Lue dalam konferensi pers mengatakan, point guard kaliber All-Star itu akan tampil dengan menit bermain terbatas. Menurutnya, pertandingan esok hari akan menjadi momen yang baik bagi mereka. Namun, kabarnya Thomas hanya akan tampil di pertandingan besok tanpa bermain lagi di pertandingan lusa. Itu berarti ia tidak akan ikut tampil melawan Celtics pada Kamis pagi waktu Indonesia.

“Itu tidak akan begitu sulit,” komentar Thomas tentang absennya melawan Celtics. “Saya tahu di mana saya sekarang dan saya tidak ingin memaksakan diri. Saya bisa menunggu sampai Februari. Saya pikir kami akan melawannya lagi Februari nanti, jadi saya bisa menunggu dan tampil nanti.”

Sampai saatnya pertemuan itu tiba, Thomas kini sedang berusaha untuk memperkuat diri. Ia sempat mengikuti latihan bersama tim satelit Cavaliers di G-League—Canton Charge. Ia juga sudah mengikuti latihan bersama rekan-rekannya beberapa hari yang lalu. Kondisinya kini sudah membaik, tetapi masih membutuhkan adaptasi.

Menurut Thomas, meski tubuhnya baik-baik saja, ia belum menemukan ritme bermainnya lagi. Ia sudah terlalu lama absen dari pertandingan sehingga merasa kikuk ketika bermain. Pertandingan besok katanya akan berguna untuknya menemukan ritme itu. Oleh karena itu, ia tidak ingin memaksakan diri untuk tampil terus-menerus. Ia hanya akan berproses supaya dapat pulih dengan benar.

Selamat datang kembali, Isaiah Thomas!  

Foto: Forbes

Komentar