IBL

Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 sapu bersih seluruh laga uji coba sebagai persiapan final sebelum berangkat ke Amerika Serikat. Latih tanding dilakukan di DBL Academy Pakuwon dan DBL Arena. Kegiatan ini sekaligus sebagai tolok ukur kemampuan para Honda DBL All-Star sebelum merasakan latihan intensif di negeri asal olahraga basket.

Tanding pertama dilakukan skuat putri Honda DBL All-Star melawan Wonder Whatsapp Surabaya pada Minggu, 17 Februari 2019 yang dimenangkan tim All-Star dengan skor 68-39. Ini adalah pertemuan kedua mereka setelah berseteru di pemusatan latihan  pada Januari lalu. Saat itu, tim All-Star juga menang 43-33.

Di sektor putra, tim Honda DBL All-Star menghadapi atlet terpilih Porprov Jawa Timur di hari yang sama. Tim Honda DBL 2018 berhasil menang dengan skor 72-71. Skor tipis ini jadi perhatian besar para pelatih All-Star. Inkonsistensi di area pertahanan ditengarai jadi tugas rumah yang besar.

Di latih tanding selanjutnya pada 18 Februari 2019, tim basket putra dan putri Universitas Airlangga menjadi lawan. Dalam laga yang berlangsung di DBL Arena, tim Honda DBL All-Star 2018 berhasil memukul rata kemenangan. Skuat putri memenangkan duel dengan skor 53-36. Sementara skuat putra menang dengan skor 60-39.

Dalam dua pertandingan tersebut, tim pelatih All-Star menginstruksikan para pemain untuk bermain lepas. Tim putra terbukti apik dalam memanfaatkan kesalahan lawan. Mereka mampu mengonversi 20 turnover menjadi 11 angka. Sayangnya, Marcelino Bonfilio dkk. juga melakukan banyak turnover. Beruntung, tim lawan gagal memanfaatkannya lebih jauh. 

Kemenangan tim putri diraih dengan statistik lebih baik. Faizzatus Soimah dan kawan-kawan bahkan unggul 26 angka di kuarter tiga saat melawan tim Unair. Kemenangan ini dipercantik dengan akurasi tembakan gratis sempurna 100 persen. Menurut asisten pelatih tim All-Star putri Yunita Sugianto, faktor keterikatan antarpemain menjadi kunci torehan tersebut.

Laga melawan tim elit tingkat universitas di Jawa Timur itu sekaligus menutup semua agenda uji coba pemusatan latihan yang dilaksanakan DBL Indonesia. Kegiatan itu menjadi persiapan akhir sebelum tim Honda DBL All-Star 2018 terbang ke Los Angeles, Rabu 20 Februari 2019. Ke-24 pebasket pelajar itu akan menjalani latihan lebih keras lagi di Negeri Paman Sam.(*) 

Komentar