ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, DBL Camp 2024 akan menjadi ajang perebutan posisi All-Star paling ‘terbuka’ dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selama 10 tahun terakhir, baru di tahun ini, tidak banyak penggawa All-Star dari tahun sebelumnya yang turut-serta di DBL Camp terbaru. Biasanya, ada lebih dari lima nama alumni All-Star tahun sebelumnya yang juga lolos hingga ke DBL Camp. 

Di tahun ini, hanya ada tiga nama All Star putra 2023 di DBL Camp 2024. Untuk nomor putri bahkan hanya tersisa dua nama dari skuad yang Juli 2023 lalu berkunjung dan berkompetisi di Chicago, Amerika Serikat tersebut. 

Baca juga: Lawan DBL All Star 2023 di Chicago Bersinar di March Madness

Mereka adalah Cliffton Wijaya (SMA St Louis 1 Surabaya), Elang Satria Dewanto (SMAN 2 Surabaya), dan Halmaheranno Apriyanto (SMK Santo Mikael Surakarta). Di sisi putri, ada Berlian Yesi (SMA BPK Penabur Cirebon) dan Nathania Nichole Sasongko (SMA Gloria 1 Surabaya).

Artinya, peluang para campers (sebutan pemain di DBL Camp) untuk memperebutkan posisi All-Star akan terbuka begitu lebar dibanding tahun-tahun sebelumnya, di mana banyak alumni All-Star yang kembali terpilih ke DBL Camp.

Pengalaman belajar dan berkompetisi di Amerika Serikat adalah pengalaman yang berharga dan membuat mereka membuka "jarak" kemampuan dari pemain-pemain lainnya. Bisa dibilang, mereka sudah familiar dengan persaingan di DBL Camp yang sengit.

Situasi ini membuat persaingan benar-benar akan panas. Pasalnya, peluang pemain yang terpilih All Star di tahun sebelumnya untuk menjadi All Star lagi memang selalu besar.

Baca juga: Siapkan Dirimu! Ini Jadwal & Venue Kopi Good Day DBL Camp 2024

Tiga tahun terakhir misalnya. Enam alumnus All-Star 2019 kembali terpilih mengikuti DBL Camp di tahun 2022 (selisih 2 tahun lantaran Covid-19). Keenam pemain tersebut kembali masuk dalam skuad DBL Indonesia All-Star 2022. Sisanya, adalah nama-nama baru. 

Namun, dari nama-nama baru itu, 9 pemain di antaranya kembali terpilih untuk mengikuti DBL Camp di tahun 2023. Nyaris semua 9 pemain itu lolos ke All-Star 2023. 

Hanya ada satu nama alumnus All-Star 2022 yang tidak tembus All-Star 2023. Dia adalah Valencia Callistan. Itu pun lantaran dilanda cedera saat DBL Camp 2023. 

Maka, situasi di DBL Camp 2024 ini bisa dibilang sangat jarang terjadi. Untuk sektor putra, mayoritas pemain musim lalu sudah lulus bangku SMA. Sedangkan ada satu nama dari skuad musim lalu yang tak masuk ke DBL Camp tahun ini.

Baca juga: Experience Camp 2024 Buka Pendaftaran, Ada Menu Latihan hingga Fasilitas Baru!

Nomor putri menjanjikan cerita yang sedikit berbeda. Kebanyakan memang juga lulus, ada satu nama juga yang tak lolos ke DBL Camp. Namun, ada dua nama yang memutuskan melanjutkan sekolah ke Amerika Serikat yakni Maxine Sutisna dan Evangeline Clarissa. 

DBL Camp 2024 ini tidak hanya akan menjadi persaingan dan pemusatan latihan pelajar terbesar se-Indonesia saja. Tapi juga akan menjadi tempat dan peluang paling besar student athlete terpilih untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka.

Sementara itu, DBL Camp 2024 akan digelar dengan tajuk Kopi Good Day DBL Camp 2024 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, pada 23 hingga 28 April 2024. (DRMK/REN)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY