IBL

Tim LeBron James bisa jadi merajai pertandingan besar NBA All-Star Weekend. Mereka berhasil mengungguli tim Giannis Antetokounmpo dengan skor 178-164. Para pemain menjadi sorotan besar-besaran. Setiap sisi akan dibahas begitu mendalam. Demikian pula dengan sepatu yang dipakai. Penggawa kedua tim sudah menyiapkan bermacam cerita di balik sepatu yang mereka pakai. Tentu hal itu menjadi nilai tawar yang apik bagi para sponsor dalam meraup atensi khalayak ramai.

Inilah rangkuman beberapa sepatu yang dipakai penggawa kedua tim versi Mainbasket.

Joel Embiid – Under Armour Anatomix Spawn PE “All-Star”

Pebasket berdarah Kamerun ini dicintai publik Philadelphia sejak ia masih berstatus ruki. Dominasinya di lapangan dan kepribadiannya menjadi kunci atas atensi yang diberikan. Sejak kedatangannya, penggemar 76ers menganut azas Trust the Process “Proses adalah yang utama”. Momen akbar ini dimanfaatkan dengan baik bagi Under Armour untuk merumuskan sepatu spesial bagi Embiid. Mereka menunjuk Dez Customz dan Moe G. dari Kreative Custom Kicks untuk menggubah bagian atas dengan lukisan karya mereka.

Kedua seniman kemudian bertemu dengan penghuni Yayasan Boys and Girls Club di Philadelphia. Mereka meminta anak-anak penghuni untuk memberikan ide warna serta pesan yang ingin disampaikan di sepatu Embiid. Hasilnya pun tertuang di sepatu yang dipakainya ketika membintangi NBA All-Star Weekend.

Stephen Curry – Under Armour Curry 6 “Coy Fish”

Semasa kuliah dan menjadi penggawa Davidson University, Curry dan teman-temannya pernah berbuat ulah di sebuah restoran Jepang. Bahkan salah satu temannya, Steve Rossiter, hingga tercebur ke dalam kolam ikan Koi. Akibat ide nakal itu, mereka harus berurusan dengan pihak restoran sekaligus mendapat hukuman dari pelatih.

Kepulangan Curry ke Charlotte sekaligus membuka kenangan semasa ia kuliah (Davidson University terletak 20 menit sebelah utara Kota Charlotte). Momen kenakalannya tersebut menjadi dasar pembuatan sepatu ini. Bagian sol samping tersemat bintik-bintik memanjang yang terinspirasi dari sisik ikan Koi.

Kevin Durant – Nike KD 11 “Aunt Pearl”

Sudah sejak lama Nike bekerja sama dengan yayasan penanggulangan kanker bernama Kay Yow. Hampir seluruh edisi sepatu basket milik pabrikan asal Oregon itu menggunakan warna merah muda / pink sebagai penanda bahwa edisi ini hasil kolaborasi dengan yayasan tersebut. Begitupun sepatu yang dipakai sang MVP NBA All-Star Weekend 2019.

Sepatu ini memperingati 59 orang wanita yang berhasil lolos dari jeratan penyakit mematikan itu. Nama-nama mereka tersemat dalam sol dalam (insole) dengan logo Kay Yow berbentuk lingkaran layaknya tameng. Sementara warna pink yang digunakan merupakan warna simbol bagi gerakan Waspada Kanker Payudara yang tengah digaungkan Kay Yow.

Kyrie Irving – ROKIT x Nike Kyrie 5 “All-Star”

Sepatu Kyrie Irving mulai merambah ke ranah kasual dan fesyen. Tahun 2019, Nike mulai menggunakan siluet Kyrie 5 sebagai basis modifikasi lewat kolaborasi dengan butik sneaker ternama. Setelah menggandeng Concepts, Nike menunjuk ROKIT. Merek asal Los Angeles ini didirikan pada 2016 dengan menggunakan basket dan skateboarding sebagai inspirasi desain produk.

ROKIT bermain ukuran logo Nike di bagian samping selain memunculkan palet warna yang cenderung berani. Fitur FlyTrap pada bagian atas dibuat tembus pandang sehingga publik bisa melihat bagaimana fitur temali itu bekerja. Sejatinya ROKIT ingin mendesain menggunakan warna-warna netral. Namun, sang pemain sendiri yang meminta sepatunya dengan warna terang.

LeBron James – Nike LeBron 16 “Watch the Throne”

Tahun 2011, Jay-Z dan Kanye West merilis album hip-hop berjudul “Watch the Throne”. Sampul album itu memuat warna hitam dan emas. Beberapa saat kemudian, Nike membuat edisi eksklusif Nike LeBron 9 menggunakan padanan tersebut. Siluet ini kemudian dibagikan kepada kalangan kerabat Nike terutama para rapper. Wale, Hip-Boyz, tentu Jay-Z dan Kanye West mendapatkannya. Kabarnya, bahkan P.J Tucker pun belum memilikinya.

Merujuk pada histori tersebut, warna hitam-emas ala “Watch the Throne” dibalut untuk sepatu LeBron James edisi ke-16. Sepatu itu kemudian ia pakai memimpin timnya memenangkan laga dengan skor yang cukup mencolok.

Damian Lillard – adidas Dame 5 PE “All-Star Race Way”

Adidas merilis tiga sepatu untuk tiga pebasket mereka yang berlaga di NBA All-Star Weekend 2019. Mereka adalah Damian Lillard, James Harden, dan Kyle Lowry. Koleksi ini dibuat dengan motif yang sama: motif persegi hitam-putih dengan detail merah, kuning, dan biru. Pemilihan warna ini bukan tanpa alasan. Si Tiga Garis ingin mengangkat cerita sisi lain Charlotte yang punya sejarah panjang di dunia balap Amerika Serikat.

Sepatu Lillard mengambil potongan kerah semi-tinggi (mid-top), tertinggi dari dua lainnya. Selain edisi hitam-putih, adidas juga merilis tiga varian warna lain. Ketiganya pun mengambil konsep cerita yang sama. Meski tidak menggunakan bantalan Boost, adidas Dame 5 layak diacungi jempol lewat desainnya yang menggabungkan kebutuhan performa basket dan tampilan yang kasual seperti adidas NMD Chukka.

James Harden – adidas Harden Vol. 3 PE “All-Star Race Way”

Senada dengan sepatu Lillard, Harden juga mendapat edisi khusus All-Star dengan tema sejarah balapan di Charlotte. Meski begitu, ada sedikit perbedaan. Motif hitam-putih pada bagian atas dipadukan dengan detail semburan yang terinspirasi dari aspal Charlotte Motor Speedway, sirkuit legendaris yang menjadi ikon tuan rumah NBA All-Star 2019.

Sementara itu, warna merah, kuning, dan biru melambangkan balapan NASCAR. Balapan mobil sedan asli Negeri Paman Sam itu juga menggunakan sirkuit tersebut sebagai tempat balapan yang disaksikan hingga jutaan pasang mata.

Klay Thomson – ANTA 2019 KT4 “All-Star”

Si penembak jitu Golden State Warriors melangsungkan penampilan ke lima di NBA All-Star. Oleh karenanya, pihak sponsor mempersiapkan hadiah spesial. Raksasa olahraga ANTA membuat sebuah sepatu berwarna putih polos. Meski begitu, bagian atas terbuat dari kain Velcro serta beberapa tempelan. Dengan model ini, sang pemain bisa memasang pesan apapun yang ia inginkan di sepatunya.

Meski demikian, Klay Thomson punya keputusan sendiri. Ia justru memakai sepatunya dengan warna putih polos tanpa emblem apapun. Tidak ada alasan resmi mengapa ia melakukannya. Namun, sepatu putih polos tetap menjadi pilihan tepat dengan padanan seragam berwarna hitam dengan detail putih.

Foto: Bleacher Report, Getty Images, adidas Hoops

Komentar