IBL

NSH Jakarta sudah pasti lolos ke playoff, bahkan ke semifinal. Namun, mereka tidak serta merta mengendurkan permainannya ketika menghadapi Satya Wacana di IBL Seri 8 Yogyakarta. NSH tetap bermain dengan skuat lengkap untuk mengalahkan lawannya 98-88 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu 17 Februari 2019.

Dashaun Wiggins kembali gemilang dengan 40 poin. Anthony Simpson dobel-dobel 23 poin dan 12 rebound. Lutfi Koswara 14 poin.

Sementara itu, Satya Wacana mengandalkan Madarious Gibbs. Garda asing itu mencetak 30 poin. Andre Adriano 20 poin. Raymond Miller Jr. dobel-dobel 19 poin dan 24 rebound. Namun, mereka gagal menutup musim ini dengan kemenangan.

Kendati begitu, NSH mesti bersaing sengit melawan Satya Wacana di kuarter satu. Mereka hanya unggul 19-18 dengan persentase tembakan 35 persen. Di saat yang sama, Satya Wacana justru memiliki akurasi di atas NSH (40 persen) meski tertinggal satu poin.

"Kami terlalu mengikuti permainan Satya Wacana," kata Kepala Pelatih NSH, Wahyu Jati.  

Persaingan sengit berlanjut ke kuarter dua. NSH mendulang 28 poin tambahan. Satya Wacana mengekornya dengan 25 poin. Skor sementara 47-43. NSH unggul empat poin.

Wiggins dan Simpson menjadi dua pencetak poin terbanyak NSH di paruh pertama. Wiggins 17 poin, Simpson 15 poin. Sementara itu, Satya Wacana kembali mengandalkan dua mesin poin mereka: Gibbs (17 poin) dan Andre (11 poin).

Setelah istirahat paruh pertama, kedua tim kembali ke lapangan. NSH tetap berada di atas angin dengan 70 poin. Satya Wacana setia di belakangnya dengan 66 poin. NSH tetap punya selisih empat poin untuk memimpin. Namun, skor justru menipis ketika Satya Wacana menekan di kuarter empat.

Di kuarter akhir itu, Satya Wacana mampu memangkas ketinggalan hingga satu poin (79-80). Namun, NSH rupanya tidak mau mengalah meski sudah pasti ke playoff. Mereka terus berniat untuk menang dengan menjaga keunggulan. Wahyu pun mengubah sistem pertahanannya berkali-kali untuk menyesuaikan permainan. Pada akhirnya, mereka bisa membuat Satya Wacana melakukan 20 kesalahan berbuah serangan balik (turnover), lalu mengonversinya menjadi 21 poin selama pertandingan.

Sementara NSH menjaga asa untuk memenangkan pertandingan, Satya Wacana justru harus kehilangan Gibbs. Garda asing andalan mereka itu melakukan unsportmanlike foul yang membuatnya dikeluarkan dari pertandingan. Satya Wacana pun tampil pincang dengan hanya satu pemain asing. NSH memanfaatkan itu untuk memenangkan pertandingan. Tim asuhan Wahyu itu menang 98-88.

Selanjutnya, NSH akan bermain di semifinal. Mereka harus menunggu Bank BPD DIY Bima Perkasa dan Satria Muda Pertamina Jakarta yang akan bertanding di putaran pertama playoff. Sebab, salah satu dari dua tim itu akan menjadi lawan NSH di semifinal. Sementara itu, Satya Wacana gagal lagi ke playoff musim ini. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar