IBL

Stapac Jakarta terus melanjutkan tren positif di IBL 2018-2019. Kali ini, mereka menang dari Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta di IBL Seri 8 Yogyakarta. Stapac menumbangkan tuan rumah dengan skor 86-74 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu 16 Februari 2019.

Kendal Yancy mencetak 18 poin dan 9 rebound untuk Stapac. Abraham juga memberi 18 poin. Sementara itu, Savon Goodman 17 poin dan 8 rebound.

Di kubu Bima Perkasa, David Seagers gemilang dengan 31 poin, 11 rebound, dan 7 asis. David Atkinson membantunya dengan tambahan 23 poin. Yanuar Priasmoro 12 poin.

Stapac memenangkan pertandingan dengan memanfaatkan serangan balik. Mereka sedikitnya mendulang 22 poin dari sana. Selain itu, Stapac juga mendapat suntikan 48 poin di area kunci. Sayangnya, mereka tidak sebagus kemarin di belakang garis tripoin. Stapac hanya memasukkan 26,1 persen tripoinnya hari ini. Mereka bahkan sempat tertinggal di paruh pertama.

Bima Perkasa memulai pertandingan dengan baik. Mereka bisa unggul 24-13 berkat peran Seagers sebagai pengatur serangan. Garda asal Amerika Serikat itu bahkan sudah mengumpulkan 12 poin dalam 10 menit. Sementara itu, Kepala Pelatih Stapac, Giedrius Zibenas, mengeluhkan pertahanan timnya yang buruk. Mereka tidak semestinya kecolongan seperti itu.

Sayangnya, Bima Perkasa tidak bisa melanjutkan dominasinya. Mereka tidak bisa menahan Stapac terus menerus. Sebab, Abraham dan Goodman mengancam tuan rumah berkali-kali. Kedua pemain Stapac itu menghasilkan 15 poin sehingga bisa memangkas ketinggalan dengan sisa dua poin saja (38-40). Sejak itu, Stapac mulai membenahi permainannya.

Di kuarter tiga, Stapac akhirnya bisa mengambil alih kedudukan. Mereka unggul 68-61 setelah bersaing sengit dengan Bima Perkasa. Sedikitnya saat itu terjadi tujuh perpindahan keunggulan dengan empat kali imbang. Stapac unggul perolehan poin 30-21 berkat meningkatnya produktivitas angka. Yancy dan Agassi, misalnya, mencetak masing-masing 6 dari total 30 poin Stapac di kuarter itu.

Pertandingan berlanjut ke kuarter empat. Stapac terus menjaga asa. Mereka tidak gentar bermain melawan Bima Perkasa yang tampil di depan pendukungnya. Stapac malah bisa mencetak 18 poin lagi di kuarter itu untuk menyegel kemenangan 86-74.

Selanjutnya, Stapac akan menghadapi Prawira Bandung besok. Itu merupakan pertandingan terakhir mereka di musim reguler. Sementara itu, Bima Perkasa akan menutup seri ini dengan menghadapi Hangtuah. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar