IBL

Merpati Bali sukses sapu bersih empat pertandingan di Seri Jakarta. Terakhir, mereka membungkam Tenaga Baru Pontianak dengan skor 72-53, di GOR Grogol, Sabtu, 16 Februari 2019. Merpati kini menduduki puncak klasemen sementara Piala Srikandi 2018-2019.

Ni Putu Eka Liana Febiananda mencetak dobel-dobel 12 poin dan 12 rebound. Sedangkan poin terbanyak dicetak oleh Regita Pramesti 16 poin, serta Fitria Ramadhani Madjid 12 poin. Di tim Tenaga Baru, tiga pemain dengan poin digit ganda yaitu Anjelin Rosmia Simanjuntak (16 poin), Fanny Kalumata (11 poin), dan Sarce Buaim (10 poin).

Merpati kembali menunjukkan ketajaman akurasi tembakan. Di kuarter pertama, Merpati mencetak empat kali tembakan tripoin. Merpati unggul 24-13 saat kuarter pertama berakhir. Di kuarter kedua, Merpati memperlebar jarak dengan Tenaga Baru. Mereka bisa unggul 23 poin (43-20). Sebaliknya, akurasi Tenaga Baru buruk. Mereka hanya mencetak 5 dari 23 percobaan di babak pertama.

"Kami kurang siap menghadapi defense lawan yang agresif. Sehingga banyak attempt yang tidak masuk. Sementara di kuarter kedua kami bisa bermain lebih baik. Sayangnya terlambat," kata Anjelin Simanjuntak, pemain Tenaga Baru.

Merpati mampu memasukkan sembilan poin beruntun di sisa satu menit kuarter kedua. Itu membuat mereka unggul 30 poin (59-29) atas Tenaga Baru saat kuarter ketiga berakhir. Sedangkan di kuarter keempat Tenaga Baru lebih banyak mencetak poin dengan keunggulan 24-16. Sayangnya, sudah terlambat untuk membalikkan keadaan.

"Memang tidak ada instruksi khusus dari pelatih untuk melakukan tembakan tripon. Kami hanya bermain seperti biasa saja. Untuk kuarter terakhir, memang pertahanan kurang bagus, sehingga lawan bisa mudah menambah poin," ungkap pemain Merpati, Regita Pramesti.

Posisi Merpati kini aman di puncak klasemen dengan 7-1. Mereka kini bersiap menyambut Seri Semarang yang akan berlangsung di GOR Sahabat, 1 hingga 6 April 2019 mendatang. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar