IBL

Stapac Jakarta menang lagi atas Pelita Jaya Basketball Club. Kali ini, mereka menang dengan skor telak 84-54 di GOR Universitas Yogyakarta, Jumat 15 Februari 2019. Itu artinya, Stapac sudah menang dua kali dari Pelita Jaya di IBL 2018-2019.

Abraham Damar hari ini tampil apik dengan tripoinnya. Ia bisa mencetak 18 poin dengan akurasi tripoin 100 persen (6/6). Savon Goodman, senter asing, juga membantunya dengan dobel-dobel 14 poin dan 11 rebound. Mei Joni dan Kendal Yancy di belakangnya dengan masing-masing 13 poin.

Sementara itu, Pelita Jaya mesti kehilangan dua pilar pentingnya. Xaverius Prawiro sedang menjalani hukuman larangan bertanding sementara Andakara Prastawa cedera di tengah pertandingan. Prastawa hanya bermain selama 6,26 menit akibat cedera lutut.

Pelita Jaya mendapat sokongan dobel digit poin hanya dari dua pemain. Nate Barfield dan Carlton Hurst mencetak masing-masing 10 poin. Mereka tidak bisa bermain seproduktif biasanya. Stapac benar-benar bertahan dengan baik sampao bisa membuat Pelita Jaya melakukan 19 kesalahan berbuah serangan balik. Stapac mengonversinya menjadi 34 poin.

Kendati demikian, kedua tim pada awalnya bermain imbang 10-10. Stapac kemudian berhasil mencetak sembilan poin beruntun sehingga bisa unggul 19-10. Pelita Jaya tidak sempat membalikkan keunggulan lagi setelah itu. Stapac pun menutup kuarter dengan skor 23-16.

Di kuarter dua, Stapac kembali melebarkan jarak dengan Pelita Jaya. Mereka bisa unggul dengan selisih 11 poin berkat permainan kolektif. Ada 7 dari 12 pemain Stapac yang mencetak poin sampai di kuarter itu. Akurasi tembakan mereka mencapai 55,6 persen. Sementara itu, Pelita Jaya hanya 41,7 persen.

Stapac berusaha tetap unggul di kuarter tiga. Mereka bahkan semakin produktif dari kuarter-kuarter sebelumnya. Setelah mencetak 17 dan 18 poin di dua kuarter pertama, Stapac menambah 20 poin di kuarter tiga. Perolehan itu membuat tim unggul 60-47.

Di kuarter empat, Stapac Jakarta memastikan kemenangan mereka. Abraham, forwarda mereka, menjadi salah satu lakon yang membuat kemenangan itu nyata. Ia mengemas tiga tripoin tambahan. Stapac memasukkan total tujuh tripoin di kuarter itu. Mereka pun menang dengan selisih 30 poin.

Selanjutnya, Stapac akan menghadapi tuan rumah Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta besok. Sementara itu, Pelita Jaya akan melawan Bogor Siliwangi di hari yang sama. (GNP)

Komentar