IBL

Christian Ronaldo Sitepu kini bertugas sebagai asisten pelatih Kalila Indonesia Warriors. Dodo mulai bertugas sejak seminggu lalu. Ia merasa punya tanggung jawab sebagai mantan pemain timnas Indonesia.

Dodo terlihat bersemangat mendampingi Kepala Pelatih Dusan Ignatov dari Serbia. Sesekali ia memberikan arahan langsung pada pemain-pemain Indonesia Warriors. Usai laga, ia bercerita tentang peran barunya tersebut.

"Saya bergabung dengan Indonesia Warriors sekitar seminggu setelah mereka uji coba di Bandung. Waktu itu, Fareza Tamrella yang menawarkan tugas ini pada saya," kata Dodo. "Bagi saya, ini jadi tantangan baru sekaligus bentuk tanggung jawab saya sebagai mantan pemain timnas Indonesia. Selain itu, saya punya ikatan batin dengan nama Indonesia Warriors."

Kadatangan Dodo disambut baik oleh pelatih dan pemain. Dusan Ignatov menyatakan bahwa dirinya senang dibantu oleh sosok yang disegani oleh pemain-pemain basket di tanah air. Bagi pemain sendiri, mereka bisa mendapatkan ilmu baru darinya.

"Saya senang, karena bisa curi-curi ilmu dari legenda basket Indonesia," ucap M. Arighi Hardhan Noor.

Dodo mengawali karir sebagai pemain profesional sejak tahun 2006 di tim Satria Muda Pertamina Jakarta. Hingga pada awal musim 2018, Dodo memutuskan untuk berhenti dari basket profesional. Selain Satria Muda, Dodo juga pernah membela Indonesia Warriors di ajang ASEAN Basketball League pada tahun 2013. Dodo mengoleksi lima kali juara IBL Indonesia, tiga kali juara NBL Indonesia.

Dodo juga beberapa kali tampil membela timnas Indonesia. Prestasi yang pernah ditorehkan antara lain medali perak SEA Games 2015 dan 2017, medali perunggu SEA Games 2011, medali perunggu Islamic Solidarity Games 2013, medali perak SEABA 2011, 2012, dan 2017. (tor)

Foto: Dika Kawengian

Komentar