IBL

Signature shoe atau sepatu khusus untuk atlet spesial bukanlah hal baru di NBA. Pemain-pemain sekaliber Russell Westbrook, Paul George, James Harden memiliki sepatu-sepatu khusus yang didesain dan direkayasa untuk mereka. Termasuk tentunya sepatu-sepatu milik Kevin Durant, Stephen Curry, Klay Thompson, dan tentunya LeBron James. Signature shoe yang paling terkenal? Apa lagi kalau bukan milik Michael “Air” Jordan.

Di luar NBA, nama Jimmer Fredette yang bermain di CBA (China Basketball Association) juga memiliki signature shoe sendiri buatan lokal yang terkenal.

Indonesia akan memiliki pemain pertama yang punya signature shoe-nya sendiri. Rumor tentang ini sebenarnya sudah berkembang lama. Pemain Indonesia yang diduga akan memiliki signature shoe pertama dalam sejarah basket Indonesia ini adalah Abraham Damar Grahita.

Dugaan ini tidak keliru. Tanggal 26 Januari nanti, signature shoe Abraham Damar Grahita akan dirilis ke pasaran. Sepatu basket keluaran DBL Indonesia dan Ardiles ini diberi titel “AD 1”.

Walau akan dirilis dua hari lagi, Abraham sebenarnya sudah mengenakan AD 1 di beberapa laga penting sejak bulan November 2018. Di bulan itu, Abraham bersama timnas sukses membawa Indonesia lolos ke babak kualifikasi FIBA Asia 2021. Abraham kemudian mulai mengenakan AD 1 di IBL 2018-2019 mulai Seri 2 Jakarta, Desember 2018. Kesuksesan Abraham di separuh musim IBL membawanya tampil sebagai pemain inti di IBL All-Star 2019, di bulan Januari.

Aksi Abraham Damar Grahita masih akan terus berlanjut. Bersama AD 1, Abraham berniat bahkan semakin mantap mengejar berbagai macam impian, capaian, dan prestasi di dunia basket. Baik untuk timnya, maupun timnas Indonesia. Satu hal terpenting, menurut Abraham, mulai tanggal 26 Januari, siapa saja bisa merasakan semangat dan perjuangannya.(*)

Foto: fiba.basketball, Hariyanto, Abraham Genta Buwana

Komentar