IBL

Mike Conley dan Marc Gasol, dua pemain bintang Memphis Grizzlies, sudah mengabdi kepada tim selama lebih dari satu dekade. Sejak saat itu, Grizzlies belum pernah sekalipun berniat melepas mereka. Namun, semuanya berubah di musim 2018-2019 ini. Untuk pertama kali, Grizzlies membuka peluang untuk melepas keduanya lewat opsi pertukaran.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Grizzlies mulai memerhatikan tawaran masuk yang menginginkan pertukaran Conley dan Gasol. Mereka sudah tidak akan menahan lagi kedua pemain senior itu untuk pindah. Sebab, belakangan, Grizzlies tampak tidak berkembang.

Pada awalnya, Grizzlies tampil baik dengan meraih 15 kemenangan dari 24 pertandingan. Namun, mereka malah lebih sering kalah (4-19) dalam enam minggu terakhir. Kini mereka pun terdampar di peringkat 14 klasemen sementara Wilayah Barat. Itu artinya, Grizzlies ada di peringkat dua terbawah dalam daftar klasemen tersebut.

Dengan kondisi itu, Grizzlies bisa lebih buruk lagi. Sebab, tim asal Memphis itu juga tengah mengoleksi enam kekalahan beruntun. Mereka bahkan kalah 12 kali dari total 13 pertandingan terakhir. Manajemen lantas menimbang untuk melakukan pembenahan. Pembenahan itu dimulai dari membuka peluang melepas kedua pemain seniornya.

Conley dan Gasol sudah bermain bersama sejak 2008. Mereka selama ini menjadi fondasi Grizzlies dalam membangun kekuatan timnya. Namun, kini keduanya sudah tidak lagi bisa diandalkan untuk membawa tim—setidaknya—ke playoff. Rekor-rekor di atas telah membuktikannya. Grizzlies bahkan tidak tampil di playoff dari musim lalu. Musim ini kemungkinan mereka juga tidak akan lolos lagi.

Dengan melepas Conley dan Gasol, itu artinya Grizzlies akan membangun tim di sekitar Jaren Jackson Jr. (JJJ). Sebab, setelah terpilih di NBA 2018, JJJ menjadi pemain yang bisa diandalkan. Selama 47 pertandingan, ruki NBA itu menghasilkan rata-rata 13,5 poin, 4,7 rebound, 1,1 asis, dan 1,5 blok. JJJ masih bisa lebih berkembang lagi dengan pengawasan yang tepat. Grizzlies hendak memberikan dukungan dengan membangun ulang tim dari pertukaran dua seniornya.

Grizzlies kabarnya akan mempertimbangkan tawaran untuk Conley dan Gasol sampai batas waktu transfer pada 7 Februari nanti. Mereka bahkan akan mempertimbangkan hal yang sama pada jendela transfer musim panas nanti. Namun, pertukaran tidaklah akan semudah yang dikira. Conley berusia 31 tahun dengan nilai gaji di atas AS$30 juta per tahun. Gasol akan berusia 34 tahun ini dengan gaji mencapai AS$24 juta. Usia dan besaran gaji mereka akan menyulitkan Grizzlies dan tim lain dalam melakukan pertukaran. (GNP)

Foto: NBA

Komentar