IBL

Di tengah perjuangannya untuk memperbaiki prestasi musim ini, Dallas Mavericks datang dengan kabar terbaru. Dilansir ESPN, tim yang dimiliki oleh Mark Cuban ini ingin menukar salah satu pemain muda mereka. Pemain yang dimaksud adalah garda tahun kedua yang mereka pilih di urutan kesembilan NBA Draft 2017, Dennis Smith Jr.

Kabar ini dirasa bukan hal mengejutkan di kalangan pecinta dan pengamat NBA. Kedatangan kandidat terkuat Rookie of the Year musim ini, Luka Doncic, adalah hal utamanya. Doncic hadir dan seolah memberi nyawa baru bagi Mavericks. Meski terdaftar sebagai forwarda, kemampuannya yang lengkap membuatnya bisa ditempatkan dalam berbagai peran, termasuk sebagai pemegang bola dan pengatur serangan utama.

Hal tersebut membuat Smith semakin jarang mendapatkan peluang hingga tak jarang dicadangkan. Ditambah dengan masalah kesehatan yang mendera, Smith bahkan absen dalam tiga laga terakhir Mavericks. Musim lalu, ia bermain di 69 laga dan menorehkan rataan 15,2 poin, 3,8 rebound, dan 5,2 asis dengan rataan menit bermain 29,7 menit per gim. Musim ini, dalam 28 laga, ia hanya bermain 27,7 menit dengan rataan 12,6 poin, 2,6 rebound, dan 3,8 asis per gim.

Di sisi lain, usaha Rick Carlisle mengombinasikan Doncic dengan Smith juga tak berujung baik. Masih dilansir ESPN, dari tiga garda yang dimiliki oleh Mavericks, hanya dengan Smith rataan Doncic menurun. Duet keduanya hanya menghasilkan rataan 100,9 poin selama 687 menit bermain bersama. Sementara saat Doncic berduet dengan sesama ruki, Jalen Brunson, keduanya menghasilkan 106,9 poin dalam 328 menit. Bersama veteran, J.J. Barea, Doncic menjadi lebih subur dengan 112,6 poin dalam 232 menit.

Dengan usia yang sangat muda, 21 tahun, Smith bisa menjadi bahan pertukaran baik untuk Mavericks. Dua tim dikabarkan menjadi peminat utama alumnus North Carolina State University tersebut, Phoenix Suns dan Orlando Magic. Melihat ke dalam skuat kedua tim tersebut, keduanya memang memiliki stok pemain terbatas di posisi garda terutama garda utama (point guard).

ESPN juga mengabarkan kemungkinan Mavericks memasukkan nama garda senior, Wesley Matthews ke dalam paket pertukaran. Matthews kini memasuki tahun terakhir dalam empat musim kontraknya dengan nilai gaji lebih dari AS$18 juta.

Menarik menunggu bagaimana kelanjutan nasib Smith di masa mendatang. Dengan batas pertukaran pemain yang kurang dari satu bulan, Mavericks layaknya segera bergegas “memasarkan” sang pemain. Mavericks kemungkinan akan mencari pemain dengan tipikal seorang pencetak angka ulung atau penembak tripoin jitu. Nantinya, Doncic akan bergeser menjadi garda utama, ditambah pemain baru, Harrison Barnes, satu pemain dari draft musim depan atau deretan forwarda muda mereka, plus DeAndre Jrodan akan menjadi inti dari tim ini. (DRMK)

Foto: nba.com

 

Komentar