IBL

Lauri Markkanen terkenal sebagai potensi muda di NBA. Ia bermain untuk Chicago Bulls sejak 2017. Bakat bermain basketnya menular dari Sang Ayah, Pekka, yang sempat bermain di Liga Basket Finlandia. Namun, kakak kandungnya, Eero, ternyata punya jalan karir berbeda. Eero memilih menjadi pesepak bola profesional. Kini ia bahkan akan merumput di Indonesia untuk membela PSM Makassar di Liga 1.

PSM mengabarkan timnya telah merekrut Eero pada Senin, 14 Januari 2019. Striker tim nasional Finlandia itu datang bersama bek asal Australia, Aaron Evans. Keduanya akan mulai bermain musim depan.

Sebelum datang ke Indonesia, Eero sempat melanglang buana di klub-klub Finlandia. Ia tercatat pernah mampie di JJK, Blackbird, ViPa, Warkaus JK, dan HJK dalam kurun waktu tiga tahun (2010-2013). Pada 2014, ia lalu hijrah ke Swedia untuk membela AIK.

Eero hanya bertahan selama satu musim di Swedia karena mendapat tawaran dari Real Madrid. Ia pun pindah ke Ibukota Spanyol untuk bergabung dengan Real Madrid B (Castilla). Sayangnya, ia hanya tampil sebanyak 10 kali sampai akhirnya nasib berubah di musim panas. Real Madrid melepasnya tanpa alasan jelas. Menurut rumor, mereka melepas Eero karena kelebihan berat badan. Real Madrid tidak menyukainya karena hal itu.

Setelah gagal di Spanyol, Eero pun memutuskan kembali ke negaranya. Ia bergabung dengan RoPS sebelum membela AIK lagi selama dua musim. Kemudian, Eero sempat merumput di Jerman bersama Dynamo Dresden di liga kasta kedua selama separuh musim awal 2017-2018. Sisanya, ia terbang ke Denmark untuk bermain dengan Randers.

Pada medio 2018 lalu, Eero kembali pindah. Kali itu, ia bergabung dengan Dalkurd di liga kasta pertama Swedia. Ia bermain sebanyak 12 kali dan mencetak satu gol. Sayangnya, klub yang ia bela harus terdegradasi karena gagal berkompetisi di liga teratas. Kini ia pun pergi lebih jauh meninggalkan Eropa untuk bergabung dengan PSM. Pemain nasional Finlandia itu sudah tiba di Indonesia untuk segera berlatih dengan klub asal Makassar tersebut.

Foto: Veikkausliiga

Komentar