IBL

Golden State Warriors tengah mengincar gelar juara ketiga beruntun mereka pada musim 2018-2019 ini. Mereka benar-benar serius mengejar itu sejak jeda musim panas lalu. Salah satunya dengan memboyong DeMarcus Cousins dari New Orleans Pelicans. Namun, sialnya, senter kaliber All-Star itu belum juga bisa tampil musim ini karena cedera parahnya sejak awal tahun.

Warriors belakangan mengandalkan Damian Jones untuk mengisi posisi senter. Kevon Looney dan Alfonzo McKinnie yang bermain sebagai forwarda juga tidak jarang mengisi posisi yang sama. Meski begitu, Warriors tetap merasa membutuhkan lebih dari sekadar Looney dan McKinnie. Apalagi setelah mereka kehilangan Jones karena cedera. Tidak heran jika Warriors kemudian tertarik memboyong senter senior Chicago Bulls, Robin Lopez.

Dewasa ini, Bulls memang telah membuka peluang untuk melepas Lopez bersama Jabari Parker. Namun, merekrut Lopez bukanlah hal mudah. Warriors harus bisa menanggung kontrak senilai AS$14,4 juta. Itu akan membuat kapasitas gaji Warriors semakin ketat saja. Bulls sendiri bahkan tidak ingin menukar Lopez buru-buru. Mereka akan melihat perkembangan potensi pertukaran pemain sampai 7 Februari 2019 nanti untuk mendapatkan kemungkinan yang terbaik.

Kendati begitu, jika Lopez bisa merapat ke Oakland, itu akan menjadi tambahan bagus bagi Warriors. Ketika Sang Juara Bertahan melepas Zaza Pachulia dan JaVale McGee, Kepala Pelatih Steve Kerr tidak punya banyak opsi untuk posisi senter. Ia berharap Cousins bisa kembali paling cepat Januari nanti, tetapi kondisinya tidak juga menentu. Senter bernomor punggung 0 itu memang sudah mulai berlatih. Sayangnya, tim dokter belum mengetahui waktu yang tepat untuk menyarankannya kembali ke lapangan. Oleh karena itu, Cousins pun masih harus menepi sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Di tengah kebutuhan yang semakin mendesak, terutama karena cederana Jones, kehadiran Lopez bisa menambalkan kekurangan Warriors di posisi senter. Pemain berambut kribo itu memang sudah berpengalaman bermain sebagai senter di NBA selama 10 tahun. Bahkan, jika Cousins nanti kembali pun, Lopez bisa menjadi pelapis yang menguatkan skuat Warriors.

Sejauh ini, Lopez menjadi bagian penting Bulls meski tim asal Chicago itu terpuruk dalam beberapa musim terakhir. Ia bisa menyumbang rata-rata 10,2 poin, 5,1 rebound, 1,4 asis, dan 1,1 blok selama tiga musim bersama timnya. Di musim ini, ia berperan sebagai pelapis senter utama mereka dengan bermain sebanyak 29 kali. Selama itu, ia mencetak 6,2 poin, 2,6 rebound, 1,1 asis, dan 1 blok per pertandingan. Namun, tampaknya manajemen ingin melakukan peremajaan pada skuatnya, menyusul perubahan posisi kepala pelatih dari Fred Hoiberg ke Jim Boylen tengah kompetisi.

Kini, baik Warriors maupun Bulls belum melakukan pergerakan apa pun. Keputusan mereka disebut-sebut akan menjadi perhatian menarik. Sementara itu, tim lain pun tampaknya tergiur dengan peluang yang sama. Lopez diprediksi akan mendapat beberapa tawaran. (GNP)

Foto: NBA

Komentar