IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.  

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kali ini mengulas lima lagu favorit Kevin Yonas Sitorus, forwarda tim juara Satria Muda Pertamina Jakarta sekaligus penggawa tim nasional Indonesia. Kevin menyebutkan tiga lagu asal Indonesia dari lima favoritnya. Simak ulasan berikut:

Takkan Terganti-Marcell 

Yovie Widianto menciptakan Takkan Terganti untuk menceritakan tentang seseorang yang tidak bisa melupakan kekasihnya. Namun, Yovie tidak menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Lagu Takkan Terganti justru dipopulerkan Marcell Siahaan.  

Menghujam Jantungku-Tompi 

Tompi terkenal sebagai musisi jazz kenamaan Indonesia. Ketika menyanyikan lagu Menghujam Jantungku, ia juga membawakannya dengan nuansa jazz. Lagu itu sendiri menceritakan tentang perasaan cinta yang bersemi indah.  

Buka Semangat Baru-Ello, Barry, Ipank, Lala Karmela

Buka Semangat Baru merupakan lagu pop yang melibatkan banyak musisi. Ada Marcello Tahitoe alias Ello, Berry Manoch (Saint Loco), Ipank, dan Lala Karmela. Mereka menyanyikan lagu itu bersama-sama dengan nuansa semangat. Apalagi lagu itu memang menceritakan tentang semangat untuk menyambut hidup yang baru.  

Humble-Kendrick Lamar 

Kendrick Lamar dikenal sebagai rapper berkebangsaan Amerika Serikat. Ia memiliki lagu berjudul Humble yang meraih enam penghargaan di MTV Video Music Awards. Dalam video lagu tersebut, Lamar menampilkan campuran unsur religius dengan kehidupan urban.   

Better-Khalid

Khalid merilis Better di awal 2018 ini dalam sebuah extended play (EP). Saat itu, ia mengolaborasikan suara lembutnya dengan dentuman bas sehingga menciptakan lagu yang ia bilang, “Tidak ada yang lebih baik dari ini”. Secara komersial, lagu tersebut kemudian mencapai top 10 dalam daftar tangga lagu di Australia, Selandia Baru, dan Norwegia. (GNP)

Foto: Mei Linda

Komentar