IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket di kesempatan kali ini menanyai lima lagu favorit Katon Adjie Baskoro, garda CLS Knights Indonesia yang berlaga di ABL. Pemain bertangan kidal ini menyukai empat lagu mancanegara dan satu lagu berasal dari Tanah Air. Simak ulasan berikut:

Mari Bercerita-Payung Teduh ft. Ichamalia

Payung Teduh merilis Mari Bercerita pada 19 Desember 2017 lalu ketika Mohammad Istiqamah Djamad alias Is, sang vokalis, masih bersama mereka. Is dkk. lalu menyanyikan lagu itu bersama Ichamalia. Kabarnya, Ichamalia adalah murid Is di suatu SMA negeri di Jakarta.

Lagu Mari Bercerita menceritakan tentang dua insan yang sedang bersama. Di setiap pertemuan mereka, selalu saja hal yang membuat mereka bersahaja. Sehingga keduanya merasa nyaman bersama.  

Under Pressure-Queen

Nama Queen kembali mencuat setelah film Bohemian Rhapsody tayang pada 2018 ini. Katon pun tidak ketinggalan menyukai lagu. Salah satunya lagu berjudul Under Pressure. Lagu tersebut merupakan kolaborasi Queen dengan penyanyi legendaris Inggris, David Bowie. Pada 1982, Under Pressure masuk ke dalam album Queen yang ke-10, Hot Space. Lagu tersebut sempat memuncaki tangga lagu di Inggris pada masanya.    

Locked Out Of Heaven-Bruno Mars

Bruno Mars merupakan musisi serba bisa. Selain dikenal sebagia penyanyi, ia juga seorang multinstrumentalis. Salah satu lagunya, Locked Out of Heaven, menjadi lagu baru campuran funk dan reggae rock. Isinya mengandung tentang pesona hubungan yang diresapi dengan emosi positif serta seks yang baik.

I Wanna Dance With Somebody-Whitney Houston

Sulit memungkiri Whitney Houston sebagai salah satu penyanyi kenamaan dunia. Lagu-lagunya terkenal di mana-mana. I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me), misalnya, menjadi lagu Houston paling hit pada 1987. Katon yang kelahiran 1994 pun menyukai lagunya.

M.I.A-Avenged Sevenfold

Avenged Sevenfold menulis lagu ini M.I.A (Missing In Action) karena terinspirasi pasukan perang Amerika Serikat yang bertempur di Irak. Mereka ingin menggambarkan perang itu karena beberapa teman mereka juga pergi ke sana. Meski pun mereka bukan band politik, mereka ingin menyajikan pandangan seseorang yang akan berperang sebagai pasukan.

Foto: Hariyanto

Komentar