IBL

Pertemuan dua tim pemuncak di dua wilayah NBA tersaji Minggu malam, 16 Desember 2018, waktun setempat. Bertempat di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, Denver Nuggets sebagai pemuncak klasemen sementara Wilayah Barat menjamu Toronto Raptors, penguasa sementara Wilayah Timur. Raptors yang menguasai jalannya tiga kuarter pertama harus rela pulang dengan kekalahan usai Nuggets perkasa di kuarter akhir. Memasukkan 15 dari 28 tembakan (53 persen) di kuarter ini, Nuggets menutup laga dengan kemenangan 95-86. Di kuarter yang sama, Raptors hanya mampu memasukkan 4/23 tembakan mereka (17 persen). 

Laga ini diwarnai dengan banyaknya pemain dari kedua tim yang absen lantaran cedera. Kyle Lowry, Pascal Siakam, Fred Vanvleet, dan Jonas Valanciunas tidak tampil lantaran bermasalah dengan fisik. Pemain yang terkahir disebut bahkan diprediksi absen hingga empat minggu ke depan lantaran menjalani operasi pada jarinya yang terkena dislokasi kala melawan Golden State Warriors.

Dari kubu Nuggets, tiga pemain yang di awal musim selalu menjadi pilihan utama juga absen di laga ini. Paul Millsap, Gary Harris, dan Will Barton adalah ketiga nama tersebut. Mereka menyusul pemain-pemain seperti Isaiah Thomas dan Michael Porter Jr. yang bahkan belum sekalipun bermain musim ini karena cedera.

Kemenangan ini membawa Nuggets belum terkalahkan di tiga lag terkahir mereka. Dalam 10 laga terakhir mereka, tim asuhan Michael Malone ini berhasil memenangi delapan di antaranya. Kini Nuggets semakin nyaman di puncak klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (20-9). Mereka menjadi satu-satunya tim di Wilayah Barat yang belum menderita dua digit kekalahan.

Sebaliknya untuk Raptors, kekalahan ini membuat mereka kalah di dua laga beruntun. Pun begitu, kekalahan ini tak berpengaruh pada posisi mereka di klasemen sementara Wilayah Timur. Tim asuhan Nick Nurse masih perkasa di puncak klasemen sementara Wilayah Timur dengan 23 kemenangan dari 32 laga. Raptors, Nuggets, dan Milwaukee Bucks adalah tiga tim tersisa yang jumlah kekalahannya tidak sampai sepuluh hingga kini.

Lima pemain Nuggets membukukan dua digit angka di laga ini. Nikola Jokic memimpin daftar tersebut usai menorehkan 26 poin, 9 rebound, 4 asis, dan 2 blok. Jamal Murray menyusul dengan 19 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Menariknya, 15 dari 19 poin tersebut datang di kuarter empat. Torrey Craig mengemas 13 poin dan 4 rebound sementara Mason Plumlee menambahkan 10 poin plus 7 rebound. Monte Morris yang memulai laga dari bangku cadangan melengkapi daftar dengan 12 poin, 4 rebound, 4 asis, dan 2 steal.

Dari kubu tamu, Kawhi Leonard menjadi yang terdepan. Bermain selama 38 menit, ia mencetak dobel-dobel dengan 29 poin, 14 rebound, dan 4 asis. Delon Wright menyusul dengan 15 poin, 8 rebound, dan 4 asis sementara Serge Ibaka menambahkan 14 poin dan 7 rebound.

Raptors akan kembali ke kandang mereka untuk laga selanjutnya. Mereka akan menanti kedatangan Indiana Pacers, Rabu, 19 Desmeber 2018, waktu setempat. Sementara Nuggets akan menutup rangkaian empat laga kandang mereka dengan menjamu Dallas Mavericks, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar