IBL

Setelah sukses menelurkan jersey City Edition, NBA dan Nike tahun ini memberikan “hadiah khusus” kepada tim-tim berprestasi. Mereka membuatkan jersey baru bertajuk NBA Earned Edition untuk 16 tim yang lolos ke playoff pada 2017-2018. Earned Edition itu pun seolah semakin menegaskan posisi mereka sebagai tim sarat pretasi. Karena hanya tim-tim playoff itulah yang boleh mengenakannya di sisa musim sebagai salah satu jersey alternate mereka, di samping City Edition yang sudah lebih dulu dirilis.

Golden State Warriors

Sebagai seorang juara, Warriors tentu saja berhak mendapatkan “hadiah” dari NBA dan Nike. Pada jersey Earned Edition ini, mereka mengubah jersey alternate-nya dengan sentuhan klasik dari warna hitam ke emas.   

Boston Celtics

Celtics boleh saja tumbang di final Wilayah Timur, tetapi mereka tetap berhak atas “hadiah” jersey Earned Edition. Tim asal Boston itu pun mendapatkan jersey dengan warna hijauh khas mereka. Jersey itu terinspirasi dari jaket pemanasan Celtics era 1980-an.

New Orleans Pelicans

Pelicans mendapat Earned Edition dengan desain yang terinspirasi dari karnival Mardi Gras. Mereka menerapkan blok warna biru dongker, merah, dan emas yang memanjang di bagian dada, bertumpuk berurutan dari atas ke bawah.  

Miami Heat

Heat yang sekarang tidak segarang era trio LeBron James, Dwyane Wade, dan Chris Bosh, tetapi mereka tetap berhak mendapat Earned Edition atas prestasinya lolos ke playoff. Setelah sukses dengan jersey City Edition yang terinspirasi dari nuansa Pantai Selatan di malam hari, kini mereka mengubah basis itu ke warna merah jambu menyala.

Philadelphia 76ers

Sixers pada akhirnya bisa menembus playoff di 2017-2018 lagi setelah absen sejak 2012 silam. Oleh karena itu, mereka pun mendapatkan jersey Earned Edition dengan mengubah basis logo 13 bintang yang ikonik ke warna baru. Jika sebelumnya Sixers menerapkan logo itu di atas jersey abu-abu, kini mereka menggunakan warna putih sebagai dasar.

Portland Trail Blazers

Pada jersey Earned Edition, Blazers menerapkan garis hitam menyilang dari kanan atas ke kiri bawah, dari bagian dada ke arah pinggang. Mereka juga mencetak kata “Blazermania” sebagai penghormatan kepada para penggemar yang meramaikan lapangan selama playoff.

Toronto Raptors

Raptors telah melewati musim terbaiknya selama bermain di NBA pada 2017-2018 lalu. Mereka pun mendapat Earned Editon dengan mengubah desain City Edition dari warna hitam ke merah. Raptors memilih warna itu sebagai representasi bendera Kanada, negara tempat mereka bernaung.

Minnesota Timberwolves  

Dalam jersey Earned Edition ini, Timberwolves kembali mengusung nama Prince sebagai inspirasi mereka. Timberwolves menerapkan lagi warna dan jenis huruf album Purple Rain milik Prince.

Oklahoma City Thunder

Thunder menggunakan basis warna oranye pada jersey Earned Edition mereka. Warna itu terinspirasi dari matahari tenggelam yang biasa tampak di kota mereka. Thunder lalu menyematkan lagi jenis huruf khasnya dari Statemen Edition ke jersey baru ini sebagai pelengkap.

Milwaukee Bucks

Giannis Antetokounmpo berhasil membawa Bucks ke playoff pada 2017-2018. Penampilan impresifnya membuat tim asal Milwaukee yang tidak diperhitungkan itu kembali dipandang. Oleh karena itu, NBA dan Nike pun menghadiahi mereka dengan Earned Edition yang mengubah blok warna di dada kanan jersey City Edition dengan warna khas tim.   

Houston Rockets

Jersey Earned Edition Rockets menerapkan warna dasar merah tradisional tim dengan tambahan merah tua dari City Edition sebagai aksen. Warna merah tua itu terdapat di sepanjang kerah dan di bawah panel samping.

Cleveland Cavaliers

LeBron James memang meninggalkan Cavaliers di awal musim ini, tetapi mereka tetaplah tim yang berprestasi pada 2017-2018 lalu. Oleh karena itu, Cavaliers pun masih berhak atas jersey Earned Edition. Mereka mengubah jersey City Edition dengan warna yang terinspirasi dari dinginnya Danau Erie untuk mendukung penggemar melalui musim dingin.

Washington Wizards

Wizards mengubah jersey klasik mereka dengan basis warna merah plus panel mirip marmer di kedu sisinya. Panel itu terinspirasi dari Monumen Washington di Ibukota Amerika Serikat.

Utah Jazz

Jazz berusaha kembali ke masa lampau. Mereka menerapkan lagi logo J khas mereka di bagian dada dengan basis jersey berwarna hijau. Jersey itu terinspirasi dari jersey 1979.  

Indiana Pacers

Pacers mengubah warna City Edition mereka ke basis warna putih di Earned Edition. Namun, mereka tetap mengusung tema yang terinspirasi dari arena balap terkenal di Indiana dengan panel dan garis di jersey mereka. Pacers juga menyematkan kata “Always Lead” di atas tag jersey mereka yang diambil dari jersey yang sama di City Edition.

San Antonio Spurs

Spurs tidak pernah lepas dari kebanggaan mereka terhadap sejarah militer. Pada City Edition, Spurs bahkan tidak mengubah jersey bermotif kamuflase khas militernya sejak musim lalu. Namun, di Earned Edition ini, mereka mengubah basis warnanya menjadi putih, lengkap dengan motif kamuflase abu-abu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar